Site Overlay

Berita Maluku Terkini Seputar Kuliner Lezat Maluku

Membahas wisata, potensi Maluku memang tiada habisnya. Kali ini Berita Maluku bakalan membahas tentang beberapa potensi kuliner lezat Maluku, Ternate dan sekitarnya yang harus dicoba oleh para wisatawan.

5 Kuliner Lezat Maluku yang Harus Dicoba

Memang sih, Maluku lebih terkenal akan wisata alamnya yang sangat indah. Namun, dalam hal kuliner, Maluku ternyata memiliki beberapa makanan khas yang favorit, sehingga wajib deh kamu coba gimana kelezatannya.

Makanan Khas Papeda

Kuliner yang pertama yang harus kamu coba adalah Papeda. Papeda merupakan sebuah kuliner yang dibuat dengan bahan dasar tepung sagu. Sehingga makanan yang satu ini memiliki tekstur yang lengket dengan warna putih bening.

Pada dasarnya, Papeda adalah makanan yang memiliki rasa yang tawar. Maka tidak heran jika makanan ini bisa dijadikan pengganti nasi. Proses pembuatannya pun juga sangat gampang. Tepung sagu yang halus dicampur dengan air panas dalam wadah panci berukuran besar.

Setelah itu, campuran diaduk-aduk sampai kenyal. Pada umumnya, Papeda dinikmati dengan sayur gurih atau dicampur dengan kuah ikan kuning, sehingga menciptakan cita rasa kuliner yang khas dan tentunya sangatlah lezat.

Ikan Bakar Dabu-dabu

Kuliner Lezat Maluku

Kuliner yang selanjutnya adalah ikan bakar dabu-dabu. Makanan yang terkenal di Manado ini adalah salah satu kuliner khas Maluku yang wajib kamu coba. Sambal dabu-dabu yang mentah, membuatnya sangat khas dan enak banget.

Mantap deh jika kamu merasakan kuliner yang satu ini. apalagi dari tanah Maluku yang sebagian besar adalah kepulauan, sehingga bisa menghasilkan kekayaan alam berupa ikan dan makanan laut lainnya.

Proses pembuatan ikan bakar dabu-dabu ini tentunya juga gampang. Kamu harus memiliki bahan-bahan pokok yaitu ikan yang hendak dibakar dan tentunya bumbu yang akan digunakan untuk membuat bumbu dabu-dabu.

Sambal Colo-colo

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah sambal colo-colo. Makanan yang satu ini recomended bagi kamu yang suka makan masakan lezat yang berasa pedas. Sambal colo-colo ini bisa kamu nikmati bersama dengan makanan yang lainnya.

Bahan pembuatan dari sambal yang satu ini juga tidak rumit. Beberapa bahan berupa lombok, bawang, jeruk nipis dan lain-lain dicampurkan dan di ulek hingga halus. Sambal ini cocok banget dinikmati dengan sajian masakan khas Maluku yang lainnya.

Nasi Lapola

Ternyata, Orang Maluku tidak hanya mengkonsumsi Papeda atau makanan yang berbahan dasar Sagu lho guys. Mereka juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar beras, namanya adalah Lapola.

Baca juga: Fakta Unik Wisata Labuan Bajo Pink Beach

Proses memasak nasi yang satu ini tentu tidak sembarangan. Beras dimasak dengan api kecil dan diberikan berbagai bumbu lain sehingga menciptakan cita rasa kuliner khas Maluku yang beda dari yang lainnya.

Beberapa proses yang khas inilah, yang membuat Nasi Lapola menjadi lebih unik dan memiliki rasa yang khas. Kalau kamu jalan-jalan ke Maluku, wajib deh rasanya untuk mencoba makanan yang satu ini.

Kopi Sibu-Sibu

Cita rasa khas dari Maluku tentu tidak hanya dari Makanan saja, akan tetapi juga minuman Kopi Sibu-sibu adalah sebuah minuman khas Maluku yang cocok dinikmati bagi kamu pecinta kopi.

Kopi yang satu merupakan salah satu kopi robusta yang diolah dengan cara tradisional. Maka dari itu, nggak salah jika memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan kopi yang lainnya. Tidak lengkap deh rasanya, jika pecinta kopi belum merasakan kopi yang satu ini.

Wisata Kuliner di Maluku

Menurut Radiodms.com, menikmati sajian kuliner di Maluku adalah pilihan tepat untuk mengisi liburan kamu. Karena selain bisa menikmati wisata alam yang keren dan sangat mempesona, di Maluku kamu juga bisa merasakan wisata sejarah.

Jadi, paket wisata ke Maluku adalah wisata complete yang bisa kamu lakukan kapanpun. Maka dari itu, jangan ragu deh berwisata ke maluku kala liburan. Namun, pastikan kamu sudah sedia uang saku yang cukup. Karena wisata kuliner tentu membutuhkan uang.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan kesehatan. Karena ketika liburan, tubuh harus tetap fit. Dilansir dari Berita Maluku, jalan-jalan ke Maluku itu butuh tubuh yang sehat. Karena banyak destinasi keren yang sayang banget jika dikunjungi dalam keadaan sakit.

Karena kulinernya banyak dan lezat-lezat, wisata kuliner di Maluku akan sangat cocok dilakukan bersama keluarga, jika tidak bisa deh berkunjung bersama orang tercinta. Karena keindahan wisatanya, kamu pasti bakalan kangen ke Maluku lagi.

Penutup

Demikianlah beberapa hal yang perlu Berita Maluku sampaikan kepada pembaca sekalian. Dalam hal kuliner, Maluku adalah daerah yang tidak akan kalah dari yang lainnya. Potensi wisata kulinernya benar-benar patut diperhitungkan.

Sehingga boleh banget deh jika kamu ingin berkunjung ke Maluku demi menikmati potensi kuliner lezatnya. Semoga berita Ternate kali ini bermanfaat, selamat menikmati!