You are currently viewing Ini Dia Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula yang Wajib Dibawa!

Ini Dia Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula yang Wajib Dibawa!

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula – Sejarah pejalan kaki – Mendaki gunung bukanlah sesuatu yang bisa diterima begitu saja.  Memang tidak berlebihan, namun karena mendaki bisa digolongkan sebagai olahraga atau hobi ekstrim, maka diperlukan persiapan yang matang.

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa menikmati alam pegunungan dengan berjalan kaki adalah sebuah liburan yang hanya bisa dilakukan oleh kaum pria, hal ini tentunya salah besar.

Kegiatan mendaki tidak membatasi jenis kelamin karena siapapun bisa menikmati keindahan alam pegunungan.  

Namun perlu diperhatikan bahwa ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki dari segi fisik, sehingga perlengkapan mendaki gunung untuk perempuan sama dan ada yang lain untuk laki-laki.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke gunung, sebaiknya pihak maskapai menyediakan perlengkapan naik gunung untuk wanita pemula agar aktivitas Lombok violcano hike Anda nyaman dan aman. Simak dibawah perlengkapan naik gunung untuk wanita pemula.

8+ Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

1. Pakaian Pendaki Wanita

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Pakaian mendaki sendiri tersedia dalam berbagai macam seperti gaun, jaket, celana, mantel, sepatu bot/sepatu mendaki dan penutup kepala untuk pemakai hijab.  

Pemilihan busana harus berdasarkan kebutuhan jalan kaki dan bukan karena ingin cantik, karena sedang melakukan aktivitas jalan kaki dan bukan pergi ke pesta.

Pilih bahan yang ringan seperti celana olahraga multifungsi dengan banyak saku.  Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan legging dan celana pendek.  

2. Tas Jinjing dan Penutup Hujan

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Perlengkapan mendaki yang pertama untuk wanita dan pria adalah tas jinjing (carryl).  Tas ransel ini dibuat untuk hiking sehingga dapat menyimpan banyak barang dengan efisien.

Ukuran tas jinjing yang cocok untuk wanita adalah 40L – 60L, sesuai dengan tinggi badan Anda.  Umumnya jika membeli tas carrier, Anda juga bisa mendapatkan rain cover.

Sesuaikan posisi tas gendong dengan memasang strap atau tali pengikat. Tas pembawa harus pas tepat di atas paha dan tali bahu harus dipasang di belakang.

3. Selimut atau Matras

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Lalu ada kasur untuk tidur di dalam tenda. Saya sudah mencoba tidur tanpa kasur yang dingin mohon ampun. Tidak nyaman, soalnya tanah di gunung berbatu dan keras.

Jika pas, matras bisa dimasukkan ke dalam tas carrier dengan cara dililitkan di bagian dalam agar lebih kencang di dalam carrier.  Jika tidak muat, bisa diletakkan di luar, diikatkan di sisi tas gendongan.

4. Kantong Tidur

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Perlengkapan mendaki gunung wanita juga penting untuk dibawa bersama kantong tidur.  Sleeping bag seperti selimut atau penghangat saat tidur di tenda.

Mencari sleeping bag berbahan fleece, ukurannya tidak perlu terlalu besar.  Panas di pegunungan di Indonesia tidak terlalu buruk karena masih merupakan negara tropis.

Sleeping bag dengan suhu maksimal 5 derajat menurut saya masih aman.  Jika Anda tidak tahan dingin, carilah yang bersuhu kurang dari 5 derajat.

5. Sepatu Gunung

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Mendaki gunung lebih nyaman jika menggunakan sepatu.  Bisakah Anda menggunakan sepatu hiking atau tidak?  Jika Anda lebih nyaman menggunakan sepatu hiking, jawabannya ya, tapi dengan tali, ya.

Sepatu gunung setara dengan jalur pendakian terencana dan berbatu.  Selain itu, sepatu hiking terbaik biasanya tahan air.

6. Peralatan Skater Wanita Sekunder

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula
  • Peralatan makan (1 set) – piring, sendok, garpu, gelas plastik.
  • Lampu depan/baterai (1 buah), bawa baterai cadangan.
  • Tabir surya (1 buah), sangat penting untuk mencegah kulit terbakar.
  • Bawalah obat-obatan yang banyak (1 set), seperti betadine, hansaplast, sakit kepala, plester dan obat anti angin.  Pilek biasa terjadi di pegunungan, jadi menahan angin sangat membantu.
  • Pembalut (2-3 lembar), baru bisa berkumpul lagi di akhir bulan.
  • Pembersih basah dan kering (1 buah), untuk membersihkan sendiri.
  • Sikat gigi dan odol (1 set), bisa bawa kantong sabun/shampoo kalau mau mandi.  Jika ingin mandi, bawalah handuk kecil.
  • Kantong sampah/kantong plastik (3 buah), untuk tempat sampah dan pakaian kotor.
  • Tas kecil (1 buah), untuk penggunaan maksimal.
  • Bawa uang cash dan KTP, dompet untuk bayar tol.  Saat ini pendaftaran BaseCamp mensyaratkan menunjukkan tanda pengenal seperti KTP atau kartu pelajar.
  • Anda dapat membawa kamera, ponsel, power bank, perangkat elektronik yang ingin Anda ambil beberapa foto, jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam plastik atau tas tahan air.
  • Tiang lacak (opsional), kontribusi berharga untuk tiang lacak, harap dibawa.
  • Payung kecil (opsional), saya suka bawa payung kecil jadi kalau hujan cocok buat camping bisa pakai payung saja.
  • Item individu lainnya seperti ikat rambut, sisir, lip balm, dll.

7. Logistik

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Secara umum, logistik dibagi menjadi kelompok atau jalur.  Pastikan Anda membawa cukup air untuk individu.  Jika saya seorang individu, saya biasanya membawa 2 botol air 1,5L + 1 botol air 600ml.

Tetapi tergantung pada gunungnya, mungkin ada atau tidak ada mata air.  Selain itu, bawalah satu snack seperti coklat, roti atau snack lainnya untuk menambah energi Anda saat jalan-jalan.

8. Perlengkapan Medis (P3K)

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Selain membawa obat-obatan P3K, siapkan juga obat-obatan untuk kebutuhan pertama para floaters, jika Anda memiliki penyakit tertentu.  

Beberapa obat-obatan individu yang diterjemahkan termasuk pereda nyeri untuk menstruasi, karena terkadang kehadiran menstruasi disertai dengan rasa sakit.

Bagi penderita gangguan mata, hindari penggunaan lensa kontak dan ganti dengan kacamata.  Pasalnya, lensa kontak tidak terkontaminasi akibat kondisi gunung yang kering dan berdebu. 

 Selain itu, jika Anda memakai lensa kontak, jika dilepas dan dipasang, Anda harus membuang cairan lensa, yang membuatnya rumit.

9. Tapak Tiang

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Peran tongkat berjalan mirip dengan kruk atau kruk yang digunakan oleh orang tua atau penyandang cacat pada kakinya.

Bedanya, saat kruk dan kruk digunakan untuk menyeimbangkan tubuh, peran tracking pole adalah untuk mendistribusikan berat barang bawaan agar tidak hanya bertumpu pada kaki.

Track pole merupakan perlengkapan mendaki gunung bagi wanita, karena kondisi fisik wanita tidak seberat pria, maka dengan memegang perlengkapan ini maka beban di pundak akan lebih ringan.

10. Urine Wanita/ Urinoir

Perlengkapan Naik Gunung Untuk Wanita Pemula

Nah, untuk yang satu ini, pas banget buat kalian semua yang mau galau kalau “panggilan alam” sudah terlanjur berdering.  

Urinoir ini sangat berguna saat Anda beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, apalagi saat berada di tempat yang sulit ditemukan toilet.

Ini adalah perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus dibawa saat melakukan aktivitas trekking.  Selain perlengkapan tersebut, perlengkapan lainnya seperti tenda, pisau, perlengkapan kapal, lampu dan lain-lain.

Baca juga: Hotel Murah Instagramable Di Jakarta, Cocok Untuk Staycation