Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Dalam pertunjukan musik, penyanyi biasanya diiringi oleh berbagai jenis alat musik. Alat musik ini dapat berupa alat musik tradisional atau alat musik modern yang disambungkan sehingga menghasilkan nada-nada yang indah.

Di antara alat musik tersebut, ada beberapa yang masuk dalam kategori alat musik ritmis. Apa itu alat musik ritmis dan apa saja jenisnya, berikut pembahasannya.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari alat musik ritmis.

Pemahaman Umum

Secara umum alat musik ritmis adalah jenis alat musik dalam seni musik yang hanya digunakan untuk mengiringi irama lagu tanpa chord dan mengatur tempo. Hal ini dikarenakan alat musik ritmis hanya dapat membunyikan satu atau beberapa nada saja, tidak dapat menghasilkan nada-nada tertentu seperti do, re, mi, fa, sol, la, si, do.

Definisi Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata berirama adalah sesuatu yang memiliki irama atau irama. Dengan demikian, alat musik ritmis dapat diartikan sebagai alat musik yang memiliki irama atau irama, seperti dengung, tepuk, kicauan, dan sebagainya.

Jenis Alat Musik Ritmik

Ada 11 alat musik ritmis yang memiliki kegunaan dan asal usul yang berbeda-beda, antara lain sebagai berikut:

1. Drum

Drum berasal dari Cina. Drum adalah jenis alat musik modern yang terdiri dari beberapa alat musik perkusi seperti bass drum, snare drum, tom tom, cymbal dan drum pedal. Drum juga memiliki beberapa set pelengkap seperti kursi, sandaran simbal, stand hi-hat dan pemegang tom yang terkait dengan instrumen perkusi. Cara bermain drum adalah memukul dengan 2 stik drum di tangan kanan dan kiri dan 2 pedal drum di kaki kanan.

2. Gong

Gong sering ditemukan dimana-mana, termasuk di Indonesia. Alat musik ini sangat populer di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong berbentuk lingkaran besar (ada yang kecil) dan dimainkan dengan cara dipukul dengan palu. Kerasnya suara yang dihasilkan oleh gong tergantung dari ukuran gong itu sendiri, tingkat ketipisan dan kekuatan pukulannya.

3. Kastanye

Alat Musik Ritmis

Kastanyet atau kastanet adalah sejenis alat musik ritmis yang berasal dari Spanyol dan biasanya dimainkan dalam permainan akustik. Alat ini berbentuk 2 buah kayu cekung atau gading dan dimainkan dengan cara diletakkan di tangan kiri lalu ditepukkan tangan kanan ke tangan kiri sehingga menimbulkan bunyi alat musik kastanyet.

4. Kecrek

Kecrek adalah alat musik ritmis yang berasal dari daerah Betawi. Alat musik ini berbentuk seperti bulan sabit yang ujung-ujungnya mengandung beberapa keping logam sehingga ketika digerakkan mengeluarkan bunyi “kresek”.

5. Kendang

Kendang adalah alat musik ritmis yang juga merupakan alat musik tradisional dari Jawa Tengah dan Jawa Barat, Indonesia. Alat musik ini biasanya terdapat dalam kumpulan permainan musik gamelan dan terkadang berdampingan dengan alat musik gong.

Cara memainkannya adalah dengan mengetuk selaput atau permukaan kulit tipis dengan tangan untuk menghasilkan suara. Namun bukan sembarang tepukan, kendang memiliki teknik bermain yang sering disebut dengan istilah “tamparan”.

6. Ketipung

Ketipung adalah jenis kendang yang paling kecil. Ketipung juga berasal dari Jawa Tengah hingga ke barat. Alat musik ini terbuat dari kayu yang dilubangi di tengahnya kemudian ditutup dengan kulit kerbau atau sapi. Cara memainkannya sama seperti memainkan gendang, yaitu dengan cara dipukul dengan tangan.

7. Maracas

Alat Musik Ritmis

Maracas adalah alat musik Amerika Latin yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Karena cara bermain ini, maracas sering disebut sebagai pengocok rumba. Saat marakas digoyang dengan kedua tangan, maka akan mengeluarkan suara gemericik. Ini karena ada banyak butir di maracas dan mereka bergesekan satu sama lain, menciptakan suara berirama yang bagus.

8. Rebana

Rebana adalah alat musik khas Timur Tengah yang banyak dijumpai di Indonesia, khususnya di daerah Jawa. Biasanya, pada acara keagamaan di Jawa, rebana sering dimainkan di dalam ruangan atau di luar ruangan dengan jalan-jalan. Alat musik ini berbentuk seperti gendang, tetapi bulat dan pipih, dan dimainkan dengan cara dipukul di atas permukaan tipis kulit kambing kering.

9. Panggul

Simbal adalah alat musik berirama yang dimainkan dengan cara bertepuk tangan antara logam dan logam. Simbal dibentuk dari potongan paduan yang memiliki formula sendiri. Saat bermain drum, simbal dipukul dengan stik drum dan ditempatkan pada penyangga khusus.

10. Segitiga

Segitiga adalah alat musik logam yang sering dimainkan dalam permainan akustik, berbentuk seperti segitiga. Berasal dari Belanda, alat musik segitiga ini akhirnya menyebar ke seluruh dunia dan dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat logam untuk menghasilkan suara ‘ting’ yang indah.

Baca Juga: Ini Cara Daftar Blog ke Adsense Hingga Iklan Tayang!