Site Overlay

Perlengkapan yang Dibutuhkan Pekerja Konstruksi

 Terkadang seseorang rela bertaruh nyawa untuk mencukupi kebutuhan mereka. Banyak jenis – jenis pekerjaan yang dapat membahayakan pekerja. Salah satu contoh nya ialah pekerja konstruksi. Mereka bekerja dalam menata bangunan dan berhubungan dengan alat alat berat. Tentu saja kondisi tersebut menambah risiko mereka sebagai pekerja. Untuk meminimalisir risiko, perlengkapan yang dibutuhkan pekerja konstruksi bisa mengecilkan risiko tersebut.

 Oleh karena itu, pekerja wajib memiliki perlengkapan alat kerja terlebih dahulu sebelum memulai. Para pekerja bisa mendapatkan perlengkapan tersebut dari toko alat safety. Banyak toko – toko yang menjual perlengkapan yang dibutuhkan tersebut. Perusahaan juga bisa memberikan perlengkapan tersebut sebagai fasilitas untuk pekerja. Walaupun begitu, pekerja juga harus berhati hati. Peralatan tersebut tidak menjamin akan melindungi tubuh kita secara sempurna.

 Namun tidak hanya sembarang aksesoris, perlengkapan keselamatan tersebut wajib benar – benar melindungi pekerja. Jika tidak, perlengkapan tersebut tidak lain dari hanya aksesoris yang dipakai pekerja. Oleh karena itu kamu sebagai pekerja atau pemegang perusahaan, wajib memiliki wawasan. Ada beberapa hal yang wajib diketahui seperti bahan bahan dari perlengkapan tersebut sampai ke cara mengenakan. Kita juga perlu memastikan bahwa perlengkapan tersebut tidak cacat karena dapat berakibat fatal.

 Berikut adalah perlengkapan yang dibutuhkan pekerja sebelum memulai:

Helm Safety

 Dalam kadar manusia, kepala merupakan bagian terpenting. Dalam dunia pekerjaan konstruksi, kepala memiliki risiko lebih besar dibandingkan yang lain. Oleh karena itu, pekerja konstruksi wajib menggunakan helm disaat mereka bekerja. Helm safety diciptakan untuk melindungi kepala dari benturan bahan – bahan konstruksi. Bahan – bahan ringan seperti batu bata, serpihan besi, paku dan sejenisnya dapat membahayakan pekerja konstruksi.

 Pekerja konstruksi wajib mengenakan helm sesuai dengan ukuran yang pas. Bahan material helm juga harus menjamin agar tidak menembus atau cepat rusak. Bahan seperti PC, ABS dan PE memiliki fungsi yang berbeda beda. Seperti pada halnya helm ABS. Helm ABS merupakan helm yang dapat dijangkau dengan harga murah. Helm tersebut memiliki hambatan listrik yang cukup baik. Berbeda halnya dengan helm berbahan PC. Helm berbahan PC memiliki kekuatan yang baik dibandingkan hambatan listrik. Sedangkan helm berbahan PE memiliki ketahanan cuaca yang sangat baik.

Ear Protection

 Dalam pekerjaan konstruksi, tentunya akan banyak suara yang dapat mengganggu pendengaran. Oleh karena itu, para pekerja konstruksi membutuhkan ear protection atau pelindung telinga. Pelindung telinga bertujuan untuk melindungi pendengaran para pekerja agar tidak mengganggu pendengaran mereka.

Pendengaran bisa menjadi fatal kepada para pekerja. Jika pendengaran mereka berdengung akibat volume yang berlebihan, dapat mengganggu stabilitas pekerja. Mereka bisa saja jatuh dari tempat tinggi akibat tidak bisa menjaga keseimbangan. Anda bisa membeli perlatan safety ini secara online.

 Pekerja konstruksi wajib mengenakan ear protection ketika sedang mengebor atau menggunakan mesin besar. Bentuk ear protection tersebut tidak perlu rumit, cukup untuk melindungi telinga dari suara yang berlebihan. Bentuk ear protection pada umumnya yaitu seperti sebuah headset. Jika headset memberikan lagu, maka ear protection meredupkan suara. Namun, bentuk seperti ear plug yaitu bentuk kecil yang dimasukkan kedalam telinga juga efektif.

Eye Protection

 Mata merupakan salah satu bagian terpenting dalam bekerja. Dua organ tubuh ini membawa dampak besar pada saat kita beraktivitas. Oleh karena itu, pekerja konstruksi wajib melindungi mata mereka dari berbagai macam bahaya. Bahaya seperti debu – debu kecil serta sinar las dapat menjadi gangguan pada saat kita mengerjakan sesuatu. Banyak hal fatal yang dapat terjadi jika pekerja melukai matanya. Hal tersebut tidak hanya berlaku pada dirinya sendiri, namun rekan – rekan kerja yang lainnya juga dapat terluka. Oleh karena itu, eye protection wajib dikenakan ketika mengerjakan suatu pekerjaan yang mengeluarkan banyak cahaya.

 Secara umum, eye protection berbentuk layaknya seperti kacamata namun berukuran besar. Eye protection sendiri memiliki banyak varian dan masing – masing varian memiliki keragaman fungsi serta bentuk. Sebagai pembeli, kamu harus cermat dalam memilih perlengkapan safety agar tidak salah. Eye protection memiliki berupa macam bentuk.

 Umumnya, eye protection yang sering kita lihat berbentuk googles atau seperti kaca mata ski. Eye protection yang berbentuk seperti ini lebih mudah untuk dicari, murah, dan lebih mudah untuk dikenakan. Namun ada juga yang berbentuk persegi panjang yang melengkung. Bentuk seperti ini biasanya digunakan ketika mengelas sesuatu agar terhindar dari cahaya yang mengganggu. Kelebihan dari eye protection yang seperti ini, dapat melindungi seluruh muka dari ancaman.

Face Guard

 Setelah melindungi kepala, telinga dan mata, akan lebih lengkap jika kita melindungi wajah kita. Wajah memiliki fungsi untuk menandakan identitas kita. Pekerja harus melindungi wajah mereka seperti hidung, mulut dan gigi. Hal tersebut dapat berakibat fatal jika wajah mereka terkena pancaran api atau benda yang membahayakan lainnya.

Pekerja tersebut bisa saja kehilangan rasa percaya diri dan bahkan sampai kehilangan nyawa. Dengan demikian, face guard bertujuan untuk melindungi wajah para pekerja ketika mereka sedang melakukan tugas mereka.

 Face guard pada umumnya memiliki banyak bentuk seiring berkembangnya globalisasi. Pada masa – masa sekarang, face guard sudah menjadi fitur didalam helm. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para pekerja konstruksi. Face guard tentunya memiliki banyak varian dalam bahan, bentuk bahkan warna.

Masing – masing varian tersebut memberikan fungsi dan tujuan yang berbeda – beda dari yang lainnya. Akan menjadi lebih baik, jika kita menambah wawasan kita tentang perlengkapan tersebut agar dapat mengenakan face guard disaat yang tepat.

 Face guard las umumnya berwarna hitam dan memiliki lubang kecil untuk melihat. Face guard ini bersifat sangat tertutup karena pancaran api tersebut dapat menjadi ancaman bagi mereka. Namun, Face guard untuk para pekerja kontraktor biasanya berwarna bening. Face guard yang seperti ini bersifat tertutup namun tembus pandang. Varian ini hanya melindungi wajah dari debu dan benda kecil yang berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *