Site Overlay

Fakta Unik Wisata Labuan Bajo Pink Beach

Pink Beach atau pantai pink adalah sebutan untuk sebuah destinasi wisata pantai di Labuan Bajo. Pantai ini mendapat julukan pink beach karena memang pantai ini memiliki pasir yang berwarna pink. Wisata Labuan Bajo Pink Beach ini sudah terkenal bahkan sampai ke luar negeri.

Banyak orang bertanya-tanya dimana tempat wisata ini berada. Orang juga bertanya-tanya daya tarik apa yang dimiliki tempat wisata Labuan Bajo Pink Beach ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita ikuti pembahasan berikut ini.

Lokasi Pink Beach

Pink beach berada di dalam kawasan Pulau Komodo. Pulau Komodo sendiri adalah salah satu pulau yang berada di Flores Barat, Nusa Tenggara Timur.

Selain menjadi pusat penangkaran hewan langka Komodo, Pulau ini juga memiliki banyak pantai cantik. Salah satuny adalah Pink Beach. Jadi kesimpulannya, wisata Labuan Bajo Pink Beach ini berada di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Wisata Labuan Bajo Pink Beach

Untuk kamu yang berasa dari luar NTT, untuk sampai ke lokasi ini kamu akan melewati jalur udara dan laut. Dari manapun kamu datang, kamu akan harus terlebih dahulu mendarat di Bandara Udara Internasional Komodo.

Jika kamu tiba di Labuan Bajo sudah sore atau malam hari, kamu bisa menginap semalaman untuk bisa melanjutkan perjalanan berikutnya ke Pink Beach keesokan harinya.

Dari pelabuhan Labuan Bajo kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam untuk sampai di Pulau Komodo. Nama dermaga di Pulau Komodo ini adalah Dermaga Loh Liang.

Nah, dari Loh Liang, kamu masih harus membutuhkan waktu 30 menit mencapai wisata Labuan Bajo Pink Beach dengan menggunakan speed boat.

Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang dan menyukai tantangan alam, kamu juga bisa menggunakan tracking alam melalui tebing karang dan hutan bakau.

Jika kamu memilih ini, maka kamu akan membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk tiba di pink beach. Memang agak lebih lama, akan tetapi kamu akan menikmati berbagai panorama indah dan alam yang sangat menantang.

Biaya yang Harus Kamu Keluarkan

Jumlah uang yang harus kamu keluar kan relatif. Relatif dalam hal ini adalah tergantung dari mana kamu datang. Jika kamu datang dari daerah yang sangat jauh dari Labuan Bajo tentu saja biaya yang akan kamu keluarkan akan besar.

Namun disini kita hanya akan membahas tentang harga speed boat dan uang masuk ke Pink Beach. Untuk harga speed boat, kamu akan mengeluarkan kocek sebesar 30 sampai 4o ribu per orang jika mengunakan public boat.

Akan tetapi jika kamu ingin menggunakan private boat, maka kamu akan mengeluarkan uang sebesar 800 sampai 900 ribu untuk jalur pulang pergi.

Sedangkan untuk tiket masuk ke wisata labuan Bajo Pink Beach kamu hanya akan mengeluarkan uang sebanyak 10 ribu saja, atau 50 ribu untuk wisatawan asing.

Warna Pink Pasir Berasal

Hal unik dari wisata Labuan Bajo Pink Beach ini adalah warna pasirnya yang berwarna pink. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa warna pink ini sebenarnya bukanlah terjadi begitu saja. Bukan pula pasirnnya yang dengan sendirinya berwarna pink.

Baca juga: Berbagai Teori Evolusi Manusia Dan Bantahan Dari Ilmu Pengetahuan

Menurut beberapa sumber, pasir berwarna pink merupakan campuran pasir dan terumbu karang yang sudah mati, disebut homotrema rubum.

Wisata Labuan Bajo Pink Beach adalah Salah Satu Pantai Berpasir Pink di Dunia

Wisata Pink Beach adalah salah satu pantai yang memiliki pasir berwarna pink di dunia. Seperti kita ketahui, di dunia ini ada 7 pantai yang memiliki pasir berwarna pink.

Pantai-pantai itu adalah Great Santa Cruz Filipina, Laguna Balos Yunani, Budelli Island Italia, Barbuda Beach Karabia. Selainitu ada Horseshoe Bay Beach Bermuda, Harbo Island Bahama, dan terakhir ada Pink Beach di Pulau Komodo ini.

Jangan Nekat Membawa Pulang Pasir Pinknya

Layaknya orang yang bepergian ke sebuah tempat wisata, mungkin kamu juga ingin membawa oleh oleh setelah mengunjungi tempat ini.

Sekalipun pasir berwarna pink adalah hal terunik yang terdapat di pulau ini, jangan coba-coba membawa pulang pasirnya ya, guys.

Menurut keterangan seorang petugas bandara, benda apapun yang kamu bawa keluar dari Pulau Komodo akan disita di Bandar Udara Internasional Labuan Bajo dan dikembalikan ke tempat asalnya. Jadi jangan nekat membawa pulang pasir yangberwarna pink ini ya, guys.

Sekarang setelah kamu membaca pembahasan tentang salah satu wisata pantai Labuan Bajo Pink Beach ini, jangan tunda lagi keinginan kamu untuk mengadakan trip Labuan Bajo bersama teman dan keluargamu.