Ini Cara Daftar Blog ke Adsense Hingga Iklan Tayang!

Ini Cara Daftar Blog ke Adsense Hingga Iklan Tayang!

Apabila dahulu blog hanya dijadikan sebagai wadah untuk menulis saja. Sekarang, blog bisa juga dijadikan tempat untuk menghasilkan uang.

Salah satu jalannya dengan cara daftar blog ke Adsense.

Adsense merupakan project periklanan dari Google. Cara kerjanya dari CPC (Cost Per Click), blogger bisa mendapatkan uang jika mengikuti program iklan yang dipasang pada blog.

Jadi, artikel ini akan membantu kalian. Bagaimana cara daftar blog ke Adsense hingga iklan aktif.

Step by Step – Cara Daftar Blog ke Adsense Hingga Approve

1. Daftar Akun Adsense

Untuk tahapan awal yaitu dengan membuat akun adsense dahulu. Cara untuk membuat akunnya adalah dengan mengunjungi website-nya dengan kata kunci “Sign Up Adsense.”

Pada halaman pertama akan langsung muncul sebuah kolom untuk melakukan pendaftaran akun. Dalam halaman tersebut, akan langsung diperintahkan untuk mengisi:

Note: Anda dapat gunakan akun Google yang sudah ada ataupun akun Google baru.

  • Nama Website/blog
  • Pilihan untuk performa
  • Negara
  • Konfirmasi persetujuan
Step by Step - Cara Daftar Blog ke Adsense Hingga Approve

Setelah itu klik “Mulai gunakan AdSense” dan Anda akan diarahkan ke beranda AdSense.

2. Aktifkan Akun

Sebuah akun Adsense tidak bisa langsung digunakan, apabila belum diaktifkan. Maka dari itu, aktifkan akun tersebut untuk dapat dijalankan dengan lancar.

Cara Daftar Blog ke Adsense

Di dashboard atau beranda, Anda perlu melengkapi 3 informasi.

  • Informasi pembayaran: nama, alamat, hingga nomor handphone.
  • Mempelajari penyesuaian tampilan iklan: atur setelan iklan otomatis/disesuaikan
  • Menghubungkan website/blog ke AdSense.

Baca juga: Cara Membuat Sitemap Di Blog Dengan Mudah

3. Meletakan Iklan di Blog

Nah, untuk langkah paling penting ini (menghubungkan situs ke AdSense). Anda perlu menyalin kode AdSense di dalam HTML situs Anda.

Sebenarnya, terdapat dua teknik yang bisa digunakan yaitu dengan plugin atau secara manual. Jika melalui plugin, maka ada beberapa situs yang bisa digunakan Easy Google Adsense serta Ad Injection.

Apabila menggunakan plugin, maka prosesnya akan lebih cepat dan mudah. Sedangkan, jika dengan cara manual maka penulis bisa langsung login ke blog.

Setelah itu carilah menu “Appearance lalu Widgets”, lalu salin kode yang sudah diberikan di awal. Kemudian lakukan pengaturan pada beberapa bagian. Selanjutnya isilah sebuah judul, jangan lupa disimpan.

Berikut tampilan kodenya:

Jika sudah menempalkan kode AdSense di HTML situs Anda. Google akan melakukan peninjauan terlebih dahulu. Biasanya memakan waktu mulai dari 24 jam hingga berhari-hari.

Konfirmasi akan dikirimkan melalui e-mail yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

4. Membuat Iklan Adsense

Jika sudah ada pemberitahuan lebih lanjut dari Google mengenai pengajuan tadi. Lihat apakah diterima atau tidak, jika diterima maka sudah dipastikan bahwa akun tadi sudah aktif.

Apabila sudah aktif maka bisa dilanjutkan ke langkah selanjutnya. Langkah ini yaitu menaruh atau membuat iklan AdSense dapat muncul di blog.

Pada situs yang masih sama, masuklah dalam menu “My Ads”, di dalam menu tersebut penulis akan diminta untuk memilih beberapa kategori iklan.

Mulai dari memilih unit iklan, tipe iklan, serta model tulisannya. Penulis bisa mengisi sesuai dengan selera serta keinginan, jika sudah selesai bisa langsung disimpan.

5. Cairkan Adsense

Pada langkah terakhir ini, yaitu penulis sudah bisa langsung mencairkan AdSense. Namun, pencairan ini harus menunggu beberapa waktu.

Karena, sambil menunggu iklan muncul di blog tetapi juga harus banyak pengunjung yang klik iklan tadi. Jika banyak pengunjung yang masuk dalam iklan, maka AdSense yang dihasilkan akan bertambah banyak.

Note: Anda dapat melakukan pencairan dana jika saldo sudah mencapai jumlah minimum (Rp 1.300.000)

Biasanya surat pemberitahuan AdSense sudah cair, akan dikirim langsung ke rumah yang sudah disertakan tadi.

Kemudian, di dalam surat tersebut akan terdapat kode untuk melakukan pencairan pada platform tertentu. Jika sudah seperti itu, maka blog tadi sudah bisa menghasilkan adsense untuk kedepannya.

Demikian beberapa cara mendaftar blog ke AdSense dengan berbagai langkah mudah. Hal yang terpenting adalah tulislah artikel di blog dengan menarik agar banyak yang mengunjunginya. Jika banyak pengunjung, maka proses adsense akan semakin dipermudah.

FAQ AdSense

Berapa lama akun AdSense ditinjau?

Paling cepat 24 jam, hingga berhari-hari.

Selain AdSense, bagaimana cara lain blog menghasilkan uang?

Selain membagikan konten, sebuah situs blog dapat dimanfaatkan untuk hal lain. Mulai dari media promosi untuk bisnis, sebagai tempat transaksi bisnis online, hingga diperuntukkan untuk portfolio bisnis.

Anda dapat membuat blog e-commerce jika ingin berjualan secara online. Karena di era sekarang, bisnis online HARUS memiliki website agar mendapatkan nilai plus di mata audiens.

Mengapa AdSense saya ditolak?

Ada berbagai macam pertimbangan untuk mendapatkan approve dari AdSense, salah satunya adalah blog sudah memiliki traffic dan layak.

Jika blog Anda belum mendatangkan traffic, ada kemungkinan pendaftaran AdSense ditolak.

Apakah 1 AdSense hanya untuk 1 blog?

Tidak, Anda dapat mendaftarkan lebih dari 1 blog di 1 akun AdSense.