Cara Eksis di Instagram Sekarang Juga

cara eksis di Instagram

Instagram adalah salah satu platform  yang menjadi kegemeran berbagai kalangan. Jika kamu membaca ini, kemungkinan besar kamu sendiri memiliki akun instagram. Antara itu spam account, personal account, ataupun business account , instagram adalah tempat yang cocok bagi semua kalangan. Nah, semua ini tidak jauh dari keinginan untuk menjadi eksis dan menjadi populer di instagram. Berikut adalah cara agar eksis di Instagram.

Keinginan memiliki banyak followers, likes dan interactions dalam instagram menjadi keinginan banyak orang. Nah, jika diperhatikan baik-baik, sebenarnya, banyak tips and tricks nya loh guys untuk menjadi populer di Instagram. Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa cara agar eksis di Instagram.

Eits, tapi buat kamu yang ga pengen eksis, artikel ini juga berguna untuk membuat akun kamu lebih baik secara general, dan bagi kamu yang memiliki bisnis ini juga dapat digunakan untuk meraung lebih banyak pelanggan. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja yuk!

Aesthetic Feeds

Bagi kalian yang belum kenal dengan feeds, feeds adalah kombinasi foto-foto yang kalian post di Instagram. Ini adalah kombinasi yang kalian lihat ketika kalian membuka profile akun dan yang orang lain pertama kali lihat ketika melihat profil kalian juga.

Ibaratnya, kalau dibadingin dengan dunia nyata, ini seimbang dengan kesan pertama kalian ketika bertemu seseorang dan mengenal bagaimana mereka secara sekilas. Nah, kalau kesannya buruk maka pasti kalian tidak ingin terlalu mendekat atau kalau dalam bahasa instagram, kemungkinan di follow sangat kecil. Dan inilah mengapa feeds yang padu dan berkesan dibutuhkan. Ini menjadi kunci dari cara agar eksis di Instagram.

Aesthetic yang kami maksud disini adalah ciri khas dan konsistensi. Sebuah feeds akan tampak menarik dan memiliki tema khusus akan tampak lebih professional dan memiliki dedikasi lebih. Feeds yang seirama juga lebih memanjakan mata dan menarik perhatian bagi orang lain.

Dalam hal ini kami menyarankan memiliki satu tema khusus. Misalnya feeds pastel, grunge (tema dengan warna-warna gelap), ataupun tema-tema yang lain. Dengan hal ini diusahakan agar sebelum di-post, foto terlebih dahulu di grid dengan foto lain yang telah di post agar kalian bisa melihat terlebih dahulu apakah warna serta komposisinya sudah padu dengan foto-foto lain. Ini bisa dilakukan dengan aplikasi seperti Garny ataupun aplikasi lain yang kalian temukan. Intinya, cari tema dan tetapkan hal itu di Instagram kalian! Jika masih bingung, banyak sekali inspirasi yang kalian bisa dapatkan dari video youtube dan di google.

Komposisi Post

Yang tak kalah penting dari feed adalah komposisi posting tersebut. Lighting dan warna yang terdapat dalam postingan tersebut tak kalah penting dari komposisi dari feed yang anda miliki. Ini tidak berarti bahwa kalian harus memiliki sebuah kamera yang professional dengan lensa mahal, yakinlah bahwa dengan hp pun kalian dapat memiliki postingan yang tampak berkelas.

Pertama-tama, carilah tempat yang disinari baik dengan matahari dan memiliki background yang bagus. Jika kedua hal ini tidak ada pada saat kalian melakukan pemotretan ataupun kalian memposting sesuatu yang dibuat secara digital, pewarnaan dan editan untuk foto tersebut bisa dilakukan di beberapa software. Salah satu software professional yang sudah terkenal sebagai lapak editan semua kaum adalah Photoshop.

Jika kalian handal menggunakan photoshop untuk memperbaiki lighting serta komposisi warna sebuah foto, maka ini adalah salah satu carayang bisa kalian lakukan. Namun, jika kamu adalah orang yang tidak begitu mengerti dan menganggap Photoshop terlalu ribet terdapat beberapa aplikasi seperti VSCO, PicsArt, SNOW, dan lain-lain.

Ini semua memiliki beberapa fitur yang secara jelas dapat menunjukkan cara membuat gambar lebih terang atau gelap. Ini juga bisa membuat saturasi gambar lebih atau mengurang dan sebagainya. Di dalam aplikasi-aplikasi ini juga terdapat preset tersendiri dan filter yang dapat memudahkan kalian. Ini dibutuhkan ketika ingin mengedit gambar ke warna tertentu.

Postingan yang memanjakan mata adalah kunci untuk membuat para pengguna Instagram memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap akun kalian dan mulai memantau aktivitas kalian di Instagram. Ini akan menjadi hal utama untuk cara agar eksis di Instagram.

Tambah Followers, Lalu followers akan datang

Tips yang ini mungkin terdengar membingungkan, namun ini adalah salah satu strategi yang sering dipakai oleh orang-orang. Cara paling simple adalah menggunakan jasa followers dan likes. Dengan penambahan instan seperti itu sudah pasti kalian akan dianggap eksis dengan jumlah angka followers yang banyak serta likes juga. Namun, trik ini tidak berhenti disitu.

Jika kalian perhatikan baik-baik, orang-orang cenderung lebih suka mem-follow  orang yang sudah banyak difollow orang. Kalau dibandingkan dengan dunia nyata, jika kita melihat seseorang yang sudah dekat dengan banyak orang dan tampaknya sangat disukai, kita akan lebih mudah tertarik untuk berbincang dengan orang tersebut dibandingkan dengan orang yang tidak pernah kalian lihat dengan orang lain.

Begitu juga sistem psikologi dibalik followers yang sudah banyak akan mendatangkan lebih banyak followers. Hal ini terjadi karena kredibilitas kalian akan lebih terjamin dengan followers yang banyak.

Tentu saja dengan sistem ini juga kalian harus berhati-hati dan tidak gegabah. Ketika mendapat followers yang jumlahnya banyak, kalian harus lihai dalam mempertahankan mereka dan terus-menerus meningkatkan interaksi dengan mereka. Jikalau tidak, maka Instagram akan mulai curiga dan menganggap follower kamu sebagai akun bots atau tidak valid.

Nah, ini bukan menakut-nakutin kamu, tetatpi informasi tambahan ini adalah untuk memotivasi kamu untuk lebih memerhatikan followers kamu jika ingin eksis. Ketika kamu mendapat followers, terdapat juga tanggung jawab untuk terus-menerus menjaga mereka agar mereka tetap setia dengan akun kamu.

Konten yang unik!

Jika kalian sama saja dengan yang lain, maka untuk apa kalian diberi perhatian lebih? Ini bukan berarti kalian harus berpura-pura ekstra dan melakukan hal-hal mengejutkan untuk menarik perhatian orang. Hal-hal tersebut tidak akan membantu dalam jangka panjang karena faktor “wow”-nya akan hilang seriring berjalannya waktu.

Daripada pusing memikirkan menjadi sesuatu yang tidak nyaman bagi kalian dan juga sangat baru, lebih baik mengerti tentang tujuan kalian berada di platform itu dan mengapa kalian ingin eksis. Trick dari kami adalah untuk menanyakan pertanyaan 5W + 1H atau ADIK SIMBA yang kira-kira seperti ini:

  • (What) Apa yang ingin kalian tunjukkan kepada warga Instagram?
  • (Who) Siapa yang ingin saya tarik menjadi follower akun saya?
  • (When) Kapan saja saya bisa mem-posting dan mengupdate?
  • (Where) Dimana tempat-tempat yang bisa saya jadikan bahan konten?
  • (Why) Mengapa saya ingin eksis di Instagram?
  • (How) Bagaimana konten yang saya sendiri ingin lihat di Instagram?

Banyak lagi pertanyaan yang bisa kalian tanyakan pada diri sendiri untuk memecahkan misteri ini. Namun, yang terpenting adalah mengerti akar-akar dari akun kalian serta konten yang ingin kalian tunjukkan. Carilah sesuatu yang hanya kalian yang bisa memberikan, entah itu akun memasak yang disertakan dengan memes ataupun foto-foto personal yang dirangkai sehingga menjadi cerita menarik sendiri. Mengerti juga dengan batasan kalian dalam berkonten, sehingga mengerti apa yang harus dilakukan untuk menjaga followers.

Mengerti apa yang diinginkan pengikut

Selain mengerti dengan diri kalian dan jati diri akunmu, yang tak kalah penting adalah permintaan pengikutmu. Ke-eksis-an dalam Instagram bisa juga diibaratkan business dimana kita harus mengerti likes dan dislikes dari orang-orang yang mengikuti kita.

Walaupun kita harus tetap original dan tetap terhadap pendirian konten kita, tidak ada salahnya untuk mendengar kata-kata orang lain untuk lebih mengembangkan isi dari Instagram kita. Salah satu caranya adalah untuk memantau analisis tipe konten seperti apa yang mendapat banyak likes dan comments dan konten seperti apa yang tidak begitu banyak aktivitas dalamnya. Dengan begitu kita akan mengerti hal-hal seperti apa yang digemari oleh para pengikut kita.

Instagram juga memiliki fitur-fitur lain seperti kotak untuk mengajukan pertanyaan, polling serta story dimana kalian bisa langsung menanyakan kepada pengikut kalian konten seperti apa yang mereka gemari. Interaksi ini penting agar kalian sang pemilik akun dan pengikut bisa berada dalam pemikiran yang sama dan memilih konten yang sama.

Hal lain yang bisa kalian lakukan juga melihat comment ataupun menanyakan di caption foto kalian. Namun, dalam melakukan hal ini kalian harus bijak memilah kritik mana yang secara objektif bisa kalian terima dan mana yang berisi kebencian semata. Namun dibalik semua itu, pasti banyak sekali feedback berisi kasih sayang dan kata-kata positif! Hal seperti inilah yang harus menjadi motivasi kalian dalam menjadi eksis dan membuat konten yang berkualitas.

Captions dan Hashtags

Tip terakhir dari kami adalah menggunakan captions dan hashtag sebaik mungkin. Untuk menemani foto kalian yang sangat menarik, caption yang sama menariknya juga dibutuhkan. Saran dari kami adalah untuk membuat caption yang berhubungan dengan foto namun juga sekalian juga membuat orang ingin berkomentar.

Caption ini bisa berisi sebuah pertanyaan, ataupun quotes, tapi yang paling penting adalah membuat sesuatu yang berkesan. Caption juga bisa panjang dan bermakna seperti mungkin cerita dibalik foto tersebut yang menyentuh, ataupun menginspirasi. Buat caption menjadi ajang agar kalian bisa mendapat interaksi dari para pengguna instagram. Ini akan membuat post kalian lebih populer dalam algoritma Instagram yang berujung pada kalian menjadi lebih eksis

Hashtag juga bisa digunakan agar kalian mudah masuk dalam kategori pencarian orang-orang serta feed dan explore nya. Tetapi kebanyakan hashtag juga tidak begitun bagus karena akan tampak memaksakan diri untuk menjadi tenar. Maka dari itu, gunakanlah secukupnya! Untuk mengetahui kira-kira butuh berapa banyak, kalian bisa merefensi dari akun-akun lain yang memiliki konten mirip dengan kalian dan membandingkan dari situ.

Tidak ada satu cara yang pas untuk menjadi eksis di platform yang terus-menerus berkembang. Namun, teruslah bereksperimen dengan tips and tricks yang kami berikan dan juga melakukan riset anda sendiri dan suatu hari nanti akun kalian akan menjadi tempat dimana banyak orang ingin mampir dan melihat aktivitasnya. Bijaklah dalam menggunakan sosial media dan teruslah berkarya di Instagram. Selamat mencoba teman-teman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *