5 Penyebab CCTV Rusak dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab CCTV Rusak dan Cara Mengatasinya

Penyebab CCTV Rusak – Terkadang video dari kamera CCTV yang sedang diarahkan ke monitor tidak muncul sebagaimana mestinya. Misalnya, kehilangan video dan gambar yang diambil oleh kamera tidak ditampilkan (kosong) dan CCTV Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik. CCTV tidak secara otomatis merekam peristiwa penting.

Bagaimana jika ada kejadian perampokan dan pencurian untuk dijadikan barang bukti? Untuk CCTV kami selama ini kurang bermanfaat dan wajar. Di bawah ini adalah berbagai penyebab CCTV rusak dan cara mengatasinya:

Penyebab CCTV Rusak

Penyebab CCTV Rusak

1. Daya adaptor mati

Sumber daya kamera CCTV adalah adaptor atau catu daya. Saat adaptor/power mati, otomatis kamera CCTV tidak bisa bekerja dengan baik dan tidak menampilkan gambar (kosong).

Untuk memperbaikinya, periksa status adaptor/catu daya hidup atau mati. Anda dapat memeriksa ini dengan alat yang disebut Avometer. Jika adaptor rusak, Anda dapat segera menggantinya dengan yang baru atau yang berfungsi.

2. Kamera CCTV mati/rusak

Jika kamera CCTV mati/rusak secara otomatis, gambar yang dihasilkan DVR di monitor juga akan mati dan tidak dapat menyimpan rekaman. Ada dua kemungkinan, jika infra merah masih aktif maka kameranya rusak. Dengan inframerah dimatikan, kamera mungkin masih dapat merekam, tetapi hanya di siang hari, tergantung pada spesifikasi kamera.

Untuk memperbaikinya, Anda dapat memperbaiki kamera atau menggantinya dengan yang baru.Jika masih dalam garansi, Anda dapat mengklaimnya dari pengecer atau toko tempat Anda membelinya.

3. DVR dimatikan/rusak

DVR adalah bagian penting dari CCTV. Jika tidak bekerja dengan baik, semua sistem CCTV tidak dapat bekerja dengan baik. Jika DVR gagal, memasang CCTV juga tidak berguna untuk tujuan kita. Untuk memperbaikinya, Anda dapat memperbaikinya di pusat layanan atau menggantinya dengan yang baru.

Jika masih dalam garansi, ini dapat diklaim dari pengecer atau toko tempat Anda membelinya. Pastikan perawatan DVR dilakukan secara rutin.

4. Port koneksi rusak

Setelah dicek adaptor, kamera dan DVR tidak ada masalah dan masih ada video loss/dead frame. Segera periksa koneksi ke DVR. cara mengatasinya bisa di cek dengan cara berpindah ke port lain yang masih berfungsi dengan baik. Jika port koneksi rusak, Anda dapat beralih ke port kosong lainnya.

5. Kabel CCTV atau listrik mati

Jika semua fungsi di atas bekerja dengan normal. Kemungkinan besar, kabel CCTV putus, penyebab putusnya kabel mungkin gigitan tikus, kualitas dan kualitas kabel rendah, dan mungkin ada berbagai faktor lainnya. cara memperbaikinya, anda bisa menggantinya dengan yang baru dengan kualitas dan kualitas yang baik.

Cara Mengatasi Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor

Penggunaan pengawasan video diklasifikasikan sebagai intensitas tinggi karena tetap aktif selama 24 jam penuh. Hal ini terkadang membuat CCTV rusak seperti CCTV tidak ada video.

Hal ini tentu membingungkan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali memasang CCTV. Namun jangan khawatir, pada artikel kali ini kami akan menginformasikan tentang penyebab CCTV rusak dan cara mengatasi gambar CCTV tidak muncul di monitor atau CCTV tidak ada video. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Kabel CCTV putus

Kemungkinan penyebab CCTV rusak yang pertama adalah kabel yang terputus. Penyebab kabel putus juga bermacam-macam, seperti dimakan tikus atau rayap, hingga kualitas kabel yang kurang memadai.

2. Adaptor kamera CCTV

Penyebab CCTV rusak kedua adalah adaptor kamera CCTV. Adaptor berguna sebagai sumber daya dari kamera, dengan adaptor menghubungkan daya listrik ke kamera untuk menangkap gambar dan suara di sekitarnya. Adaptor yang rusak dapat menyebabkan CCTV tidak menampilkan video.

3. Koneksi buruk

Kemungkinan ketiga adalah steker konektornya rusak. Colokan konektor sendiri berguna sebagai wadah atau housing untuk colokan CCTV. Jika steker konektor rusak, dapat mempengaruhi kinerja konektor sebagai konduktor.

4. DVR rusak

Selain peralatan pendukung di atas, kerusakan pada unit CCTV utama juga dapat menyebabkan CCTV tidak menampilkan video atau gambar di layar monitor. DVR sendiri memiliki fungsi untuk memproses dan menyimpan data rekaman video dari kamera CCTV di penyimpanan – seperti microSD, HDD atau cloud, dan mengirimkannya ke layar monitor.

5. Kamera CCTV

Penyebab CCTV rusak terakhir adalah kamera CCTV. Kamera memiliki fungsi yang sangat krusial, yaitu untuk menangkap objek, menangkap gambar dan suara dari sekitar. Selain itu, juga tepat di sebelah objek yang sedang diamati oleh kamera.

Tidak jarang penyebab  CCTV rusak karena pengaruh eksternal seperti terkena air hujan atau radiasi matahari dalam waktu lama. Anda dapat kunjungi situs mahavision.id untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai distributor cctv murah.

Demikian ulasan mengenai penyebab CCTV rusak dan cara mengatasinya, semoga informasi ini dapat bermanfaat.  

Baca Juga: 6 Pemain Yang Pernah Bermain Untuk Manchester United Dan Barcelona