Site Overlay

Penyakit Stroke Wajah

Biasanya penyakit stroke menyerang bagian tubuh tertentu secara satu sisi atau seluruh sisi. Pada beberapa kasus ditemukan penderita yang mengalami penyakit stroke wajah. Ingat sekecil apapun penyakit stroke yang dialami tidak boleh dianggap enteng. 

Sama halnya stroke wajah dapat mengakibatkan setengah ataupun seluruh wajah kaku. Bahaya dari stroke wajah menyerang otot-otot wajah. Seperti otot mata, mulut, pipi, dan dahui. Sehingga, penderita stroke wajah kesulita mengedipkan mata, berbicara, hingga mendengarkan.

Apa itu Penyakit Stroke Wajah?

Bell’s palsy seringkali disamakan dengan penyakit stroke wajah. Sebenarnya antara stroke dan bell’s palsy bukan penyakit yang sama. Bell’s palsy merupakan kelumpuhan di area otot wajah yang mengakibatkan salah satu sisi wajah melorot.

Bell’s palsy terjadi secara tiba-tiba dan sifatnya sementara. Disamping itu, bell’s palsy hanya terjadi pada otot wajah, penderita akan pulih sepenuhnya setelah 6 bulan. Gejala utama yang dialami penderita yakni sulit tersenyum dan saat tersenyum antara mata dengan bibir sisi kanan-kiri tidak simetris.

Penderita Bell’s palsy mengalami peradangan saraf wajah. Akibatnya bentuk wajah terlihat berbeda. Bell’s palsy sama seperti stroke karena menyerang siapa saja. Biasanya rentan usia orang yang terkena bell’s palsy antara 15 hingga 60 tahun.

Tips Pemulihan Penyakit Stroke Wajah 

Stroke wajah masih dapat diatasi apabila memperoleh pengobatan obat stroke dan terapi sedini mungkin. Berikut ini pemulihan penyakit stroke wajah yang dapat dilakukan.

1. Mengonsumsi Obat-obatan

Penderita stroke wajah disarankan untuk pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat. Tujuannya untuk berkonsultasi dan memperoleh obat-obatan medis yang tepat. Setelah diberikan obat-obatan medis harus mengonsumsinya sesuai dosisyang dianjurkan oleh dokter.

2. Merubah Gaya Hidup

Supaya cepat pulih maka wajib merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Tujuannya agar stroke wajah segera pulih dan tidak menimbulkan serangan stroke yang lebih parah. Gaya hidup sehat yang bisa diterapkan seperti berolahraga rutin, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Disamping itu, sangat penting bagi penderita stroke wajah untuk berhenti merokok. Hindari begadang dan mencukupi waktu tidur 6-8 jam sehari. Dan sangat perlu untuk menjauhi makanan penyebab stroke. Sangat penting bagi penderita stroke wajah untuk tidak stress agar penyembuhan berjalan cepat.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Jasa Penterjemah Tersumpah Terbaik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

3. Yoga dan Tai Chi

Yoga dan Tai Chi merupakan aktivitas yang disarankan apabila seseorang terkena stroke wajah. Mengapa yoga dan tai chi paling direkomendasikan? Sebab tidak perlu banyak bergerak dan dapat melepaskan beban pikiran.

Untuk yoga dinilai dapat meminimalisir gangguan koordinasi tubuh dan menjaga keseimbangan. Saat melakukan yoga, tubuh akan memperoleh energi dari alam dan menghirup udara segar. Sehingga, penderita stroke lebih tenang.

Tai Chi juga dapat dilakukan untuk mengendurkan otot tubuh dan otot wajah. Selain itu, tai chi dapat menjaga kesehatan sendi dan melatih keseimbangan otot tubuh.

4. Terapi Pijat

Ada juga prosedur tradisional yang dilakukan oleh shinse yakni terapi pijat. Biasanya terapi pijak dilakukan pada wajah dan telapak kaki pasien. Dunia medis juga mengakui bahwa terapi pijat efektif mendorong proses pemulihan penyakit stroke. 

Manfaatnya untuk mengendurkan otot, memperlancar aliran darah, meningkatkan mood, dan memperbaiki siklus tidur. Terapi pijat yang dilakukan tidak berlama-lama, idealnya cukup 30-45 menit dalam sekali terapi.

5. Menghirup Aroma Terapi

Apabila pasien stroke disebabkan karena stress dan depresi maka cobalah menghirup aroma terapi. Misalnya menghirup aroma terapi ketika melakukan terapi pijat dan yoga. Manfaat dari menghirup aroma terapi untuk menurunkan stress, meminimalisir depresi, dan menghilangkan kecemasan.

Apabila pasien stroke wajah termasuk dalam kategori kronis maka aroma terapi dapat diletakkan pada kamar atau ruangan pasien. Selain itu, ketika berendam di dalam air hangat dapat dicampurkan dengan essence dari aroma terapi untuk merilekskan pikiran dan tubuh.

6. Menyingkirkan Infeksi

Tips pemulihan penyakit stroke wajah terakhir yakni dengan menyingkirkan infeksi. Biasanya dilakukan oleh dokter dalam bentuk operasi atau pemberian obat-obatan khusus. Contohnya melakukan pengangkatan infeksi pembuluh darah dibagian kepala dan diseksi arteri karotis. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *