Site Overlay

Cara Merawat Sarung Jok Mobil Berdasarkan Bahan

Pelapis atau sarung jok mobil tidak melulu terbuat dari bahan kulit. Dipasaran beredar beraneka macam bahan berbeda yang memiliki kualitas masing-masing. Sesungguhnya jok sarung jok dapat bertahan lama tergantung dari pemakaian dan perawatannya. Terutama sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan bagian dalam mobil.

Ada berbagai kebiasaan buruk pengendara yang menyebabkan umur jok mobil tidak bertahan lama. Seperti tidak makan dan minum sembarangan, sering diinjak dengan alas kaki, dan sering diparkirkan tanpa penutup ditempat yang panas.

Jok yang tidak terawat tentunya akan mempengaruhi kenyamanan. Walaupun dibeli dengan harga mahal tetap saja potensi kerusakan bisa terjadi jika tidak ada perawatan. Dari sinilah disimpulkan seberapa pentingnya melakukan perawatan jok mobil. Simak cara-cara perawatan berikut ini agar jok mobil sesuai dengan bahannya agar penggunaan awet.

Cara Merawat Jok Mobil Sesuai Bahan 

Masyarakat awam kebanyakan hanya familiar dengan jok kulit asli, jok kulit sintetis, dan yang terbuat dari kain. Ternyata bahan jok tersebut tidak hanya tiga saja. Perawatannya pun berbeda-beda karena menyesuaikan sifat bahan dari jok.

1. Jok Mobil Bahan Beludru

Jok berbahan beludru memiliki peminat standar, yakni tidak tinggi dan tidak pernah sepi. Jok bludru sangat rawan kotor, terutama setelah kotor karena cairan dan benda padat. Oleh sebab itu, cara membersihkannya harus hati-hati yakni menggunakan vacuum cleaner guna menyedot kotoran kecil.

Setelah itu barulah dapat menyemprotkan cairan pembersih yang berwujud busa karena lebih mudah dibersihkan. Lakukan penyikatan dengan bulu sikat halus dan gerakan satu arah. Selanjutnya mengusap bagian tersebut menggunakan lap bersih. Tahap akhir dengan menjemur dibawah terik matahari sampai kering.

2. Jok Bahan Semi Kulit (Synthetic Leather)

Bahan semi kulit terbilang populer di masyarakat Indonesia. Keunggulannya yakni harga bersahabat, bahan berkualitas, dan cara pembersihan yang sangat mudah. Anda dapat menggunakan cairan khusus bahan semi kulit, shampoo, dan cairan pembersih kaca.

Saat membersihkan jok berbahan semi kulit hindari penggunaan alkohol, sabun cuci, dan sabun colek. Sebab bukannya jok menjadi bersih malah permukaan bahannya mengalami kerusakan.

Ketika jok semi kulit tertumpah oleh noda tinta, cara pembersihan yang dianjurkan dengan mengusapkan air hangat. Tentunya dilakukan sebelum tinta mengering. Untuk perawatan rutin dapat dilakukan seminggu dua kali yakni mengusap seluruh bagian jok dengan air hangat dan lap lembut.

3. Jok Bahan Kulit Asli

Jok berbahan kulit asli dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki budget memadai. Bahan kulit asli harus dibersihkan dengan vacuum cleaner khusus mobil ataupun yang sering dipakai dalam rumah.

Vacuum cleaner ini lebih efektif untuk menyedot debu dan kotoran di bagian yang sulit terjangkau dan tersembunyi. Selain itu, gunakan obat pembersih khusus yang diaplikasikan dengan sikat yang lembut.

Pertama-tama diberikan obat pembersih, selanjutnya menyikat perlahan ke satu arah. Setelah selesai Anda dapat membersihkan obat pembersih sebelum mengering. Cara tersebut cukup dilakukan setiap 2 bulan.

Apabila ingin perawatan maksimal maka disarankan untuk mengaplikasikan leather conditioner setiap 3-4 bulan sekali. Sehingga, kelembapan dan kelembutan bahan kulit jok terjaga. 

4. Jok Bahan Vinil 

Apabila Anda yang memiliki sedikit waktu membersihkan mobil maka gunakanlah bahan jok mobil dari vinil. Pasalnya dilihat dari segi perawatan tidak merepotkan dan tergolong praktis. Ketika ada noda tercecer dari makanan dan minuman dapat luntur dengan sendirinya.

Adapun metode membersihkannya cukup menggunakan cairan penyemprot kaca dan campuran air baking soda. Percikkan cairan tersebut diatas permukaan jok dan lap dengan kain lembut. Untuk perawatan mingguan sarung jok dapat menggunakan shampoo atau cairan pembersih kaca.

5. Jok Bahan Kain

 Ada pula jok yang terbuat dari bahan kain. Cara membersihkannya cukup merepotkan karena harus dilakukan secara rutin dan memastikan permukaan jok kering. Pertama-tama aplikasikan pembersih khusus kain atau shampoo pada bagian yang kotor.

Gosok perlahan-lahan dengan gerakan satu arah menggunakan kain halus. Selanjutnya bilas menggunakan air yang hangat. Jok berbahan kain harus dibuka ketika dibersihkan. Adapun jangka waktu ideal membersihkan jok kain yakni setiap 2 minggu sekali. 

Jika Anda masih ragu membersihkannya maka tidak ada salahnya pergi ke bengkel mobil untuk memperoleh perawatan prima.

6. Jok Bahan Tenun

Jok mobil yang terbuat dari bahan tenun dianggap fenomenal. Salah satu hal yang melatarbelakanginya karena dibanderol dengan harga mahal. Bahkan kemahalan dari sarung jok berbahan tenun menyaingi bahan kulit asli. Cara membersihkan jok berbahan tenun ini cenderung komplit, melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Campurkan air dan cairan pencuci piring dalam ember secukupnya dengan perbandingan 1:1 dan masukkan ke botol penyemprot;
  2. Semprotkan cairan dengan jarak 15-20 cm dari permukaan jok;
  3. Selanjutnya gosok secara perlahan dan satu arah dengan sikat berbulu halus;
  4. Bilaslah bagian jok tersebut menggunakan lap bersih, kemudian rendamkan dalam ember berisi air panas.
  5. Tahap akhirnya dengan mengeringkan jok menggunakan kain berserat dan dijemur dibawah panas matahari.

Mengintip Harga Jok Mobil 

Apapun pilihan sarung jok mobil, kualitas dan harga menjadi penentu utama. Boleh saja merawat jok tetapi kadang kala muncul kebosanan yang mendatangan keinginan mengganti jok. Apabila hal ini terjadi pada diri Anda maka segera kunjungi website resmi Jok Mobil Murah (https://www.jokmobilmurah.com). Ada banyak pilihan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, menampilkan review dan harga sarung jok mobil yang jujur. Ayo segera pesan sebelum kehabisan stok!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *