Site Overlay

Cara Menggunakan Pemasaran Get

Get mendukung perusahaan Anda setiap saat, baik diminta atau tidak. Bisa dibilang, Get adalah pemandu sorak terbaik yang bisa dimiliki bisnis Anda.

Itulah mengapa penting sebagai pemasar untuk mengenali pendukung Anda saat ini dan mencoba mengembangkan pendukung tambahan sebanyak yang Anda bisa. Inilah inti dari pemasaran Get.

Apa itu pemasaran Get?

Penjelasan sederhananya adalah bahwa Get adalah tahap terakhir dalam pemasaran berbasis akun. Penjelasan yang lebih baik adalah upaya pemasaran Anda harus berhasil mengubah klien Anda menjadi pelanggan yang tidak hanya menyukai merek Anda tetapi juga menyanyikan pujiannya kepada semua orang yang mau mendengarkan. Ini adalah pemasaran dari mulut ke mulut untuk era digital.

Dan kita semua tahu bahwa promosi dari mulut ke mulut berhasil.

Dalam sebuah survei dari Ogilvy, TNS dan Google, promosi dari mulut ke mulut memegang pengaruh paling besar dalam keputusan pembelian di kalangan konsumen.

Kita semua telah menambahkan sesuatu ke daftar keinginan kita karena teman-teman kita membuatnya terlihat keren. (Sebagai catatan, saya adalah paket ramen instan impor yang mewah).

Selain itu, perlu diingat bahwa opini konsumen yang diposting online adalah bentuk iklan paling terpercaya ketiga , menurut Nielsen. Jika Anda pernah melihat film dengan anggaran iklan yang besar tetapi skor Rotten Tomatoes yang buruk, Anda tahu betapa pentingnya opini online.

Pemasaran Get berupaya mengisi kesenjangan antara iklan tradisional dan komentar online yang bersinar. Dalam arti tertentu, Anda menggunakan ide pertama untuk meningkatkan ide kedua, membuat konten yang lebih kuat yang mengubah orang dari pelanggan menjadi pendukung. Anda juga membina pendukung yang ada untuk memperkuat ikatan Anda dengan mereka.

Dengan cara ini, pemasaran Get melengkapi kampanye Anda yang ada, bekerja bersama mereka untuk meningkatkan keterlibatan.

Apa Sih sebenarnya Get?

Get adalah pelanggan yang mendukung bisnis Anda hampir seperti Anda. Mereka muncul ke setiap pesta dengan undangan, dan mereka akan berdiri di sisi Anda saat Anda tidak menduganya.

Dan mereka senang melakukannya dengan imbalan layanan luar biasa yang Anda berikan.

Itulah masalahnya: Pendukung merek tidak hanya mendukung bisnis Anda, mereka mempercayainya. Mereka setuju dengan misi perusahaan Anda, apa pun itu, dan sepenuhnya percaya bahwa Anda akan mencapai inisiatif layanan pelanggan Anda.

Mereka memberikan umpan balik yang bermanfaat dan konstruktif untuk meningkatkan produk atau layanan Anda, dan mereka bahkan dapat memunculkan ide baru mereka sendiri.

Dan untungnya bagi Anda, antusiasme mereka tidak hanya menunjukkan tingkat keterlibatan mereka, tetapi juga dalam kesediaan mereka untuk memuji merek Anda kepada orang lain. Para pendukung membuka jaringan peluang yang luas, idealnya memuji bisnis Anda kepada rekan, teman, dan keluarga mereka.

Pelanggan yang bahagia adalah megafon untuk upaya pemasaran digital Anda. Mereka dapat memelihara pelanggan potensial (alias kenalan) dan memperkuat ikatan di antara pelanggan yang sudah ada. Kampanye pemasaran yang menarik koneksi ini adalah ciri khas dari advokasi merek.

Baca juga: Tips Cara Belajar Konveksi Baju Bagi Pemula

Menemukan pendukung merek Anda

Pada awalnya, energi Anda paling baik dihabiskan dengan menggunakan pemasaran advokasi untuk menargetkan pelanggan Anda yang paling terlibat dan membuat mereka menyebarkan berita tentang bisnis Anda.

Tindakan ini bisa sesederhana membagikan kiriman LinkedIn dari merek Anda atau menandai perusahaan Anda di kiriman Instagram.

Klien yang paling terlibat dan berhubungan dengan hari-hari yang mereka tunjuk adalah orang-orang yang baik untuk ditargetkan.

Libatkan mereka dengan email pemasaran yang dipersonalisasi yang memungkinkan mereka untuk berbagi konten di halaman sosial mereka. Mewawancarai mereka untuk video pendek atau studi kasus, dan undang mereka ke acara apa pun yang Anda selenggarakan.

Setelah Anda mengembangkan hubungan yang kuat dengan orang-orang ini, Anda dapat beralih ke pelanggan biasa. Mereka adalah orang-orang yang cukup menyukai merek Anda tetapi tidak merasakan keterikatan yang kuat padanya.

Dengan pemasaran advokasi, tujuan Anda adalah membuat konten yang membuat orang-orang ini jatuh cinta dengan bisnis Anda.

Juga, berikan keterlibatan Anda saat ini dan calon pendukung Anda. Hype bisnis mereka di media sosial bila perlu untuk melakukannya, dan bagikan konten menarik apa pun yang telah dibuat perusahaan jika relevan dengan audiens Anda.

Menunjukkan bahwa Anda bersedia mendukung bisnis mereka, membuat mereka lebih cenderung berinvestasi di bisnis Anda.

Contoh pemasaran advokasi

Advokasi pelanggan adalah salah satu momen indah dalam pemasaran – merek mendapatkan eksposur dan rujukan; pelanggan menikmati persahabatan dari sebuah kampanye kemudian dapat menikmati.

Jujur saja. Get tidak selalu merupakan pendukung merek hiper-partisan yang akan melakukan apa pun untuk favorit mereka – gratis. Biasanya ada sesuatu di dalamnya untuk Get (baca: suap barang curian, bonus rujukan atau kupon yang ditebus di lain waktu), bahkan jika mereka adalah pelanggan setia yang bahagia. Meski begitu, memberdayakan pelanggan Anda untuk mempromosikan merek Anda atas nama Anda menambah dimensi lain pada strategi pemasaran Anda yang lebih luas.

Mari kita lihat beberapa program pemasaran advokasi yang sedang berjalan.

Buku Bulan Ini

Book of the Month – perusahaan di belakang, Anda dapat menebaknya, mengirim pelanggan satu buku baru per bulan – melakukan pekerjaan yang baik dalam membiarkan pelanggan mereka berinteraksi dengan merek secara online dan dengan satu sama lain.

Melalui “Klub Buku” perusahaan, para anggota didorong untuk membentuk grup mereka sendiri, menambahkan teman mereka sendiri, dan memilih buku mereka sendiri. Kemudian, mereka dapat menjadwalkan percakapan dan mungkin minum anggur untuk mengatur suasana.

Klub Kopi Atlas

Layanan berlangganan lainnya, Atlas Coffee Club mendapatkan kopi asal tunggal dari seluruh dunia, mengumpulkan kopi “panggang dengan artistik” dan dikirimkan ke rumah Anda setiap bulan.

Bersamaan dengan pesanan kopi premium Anda, Anda juga menerima kartu pos dengan informasi tentang dari mana kopi Anda berasal, catatan rasa dan cara penyajian terbaik. Ditambah semuanya dikemas dalam desain yang menampilkan citarasa lokal dan lanskap negara asal.

Rangkaian visual materi produk ini dimaksudkan untuk difoto dan dibagikan di media sosial, memungkinkan pelanggan untuk menunjukkan “di mana mereka” bahkan jika mereka benar-benar terjebak di rumah untuk memposting dari ponsel cerdas seperti orang lain.

Tesla

Tidak ada pos pemasaran advokasi yang lengkap tanpa menyebutkan Tesla. Produsen mobil listrik adalah kotak buku teks media yang diterima .

Pendukung merek membentuk grup diskusi mereka sendiri secara online, meluncurkan kampanye tagar, dan menganggap diri mereka sebagai bagian dari pasukan elit pengemudi dengan selera yang luar biasa. Plus, Tesla memiliki program rujukan yang sangat baik di mana pemilik yang sudah ada memenangkan kesempatan untuk menghadiri pengungkapan produk khusus VIP.

Meskipun ayah Anda suka berbicara tentang mobil, pemilik Tesla berada di level lain. Penyumbang fanbase fanatik ini, tentu saja, adalah Elon dan perusahaannya. Dengan jutaan pendukung pelanggan yang melayani sebagai juara merek – belum lagi harga saham yang sehat – Tesla adalah mesin pemasaran yang mengabadikan diri bahkan tanpa menghabiskan banyak anggaran untuk pemasaran.

Menggunakan platform online untuk advokasi

Secara teknis, Anda dapat menggunakan platform apa pun – media sosial, dari mulut ke mulut, acara langsung, dll. – yang beresonansi dengan pelanggan dan prospek Anda. Jika Anda melihat paling banyak keterlibatan dan pembagian dari blog Anda, fokuskan upaya pemasaran Anda di sini. Jika orang sering me-retweet posting Twitter Anda, siapkan jari-jari itu untuk mengetik beberapa pernyataan 280 karakter.

Pada akhirnya, memilih antara LinkedIn, Facebook, Twitter atau blog Anda bergantung pada konten yang Anda buat dan tujuan non-advokasi yang menyertainya. Ingin konten Anda menyebar seperti api? Coba Twitter. Ingin meningkatkan posisi perusahaan Anda sebagai pemimpin pemikiran? Buat karya yang diteliti dengan baik untuk LinkedIn.

Selain itu, jangan lupakan kekuatan konten buatan pengguna! Pemberi komentar blog adalah pendukung dengan caranya sendiri, seperti juga orang-orang yang terlibat dalam perpustakaan atau forum sumber daya Anda. Ini juga cara yang bagus untuk mengubah pelanggan biasa menjadi pendukung dengan memberi mereka sedikit perhatian individual. Pelanggan Anda akan menghargai perhatian, memandang bisnis Anda dengan lebih baik dan karena itu lebih cenderung merekomendasikan perusahaan Anda. Anda juga akan mendapatkan semua manfaat lain dari UGC , jadi ini sama -sama menguntungkan .

Apakah Anda benar-benar perlu fokus pada pemasaran advokasi?

Gelombang pemasaran konten berubah dengan cepat, dan Anda mungkin berjuang untuk akhirnya mendapatkan ide inovatif besar terakhir di bidang ini. Saya tidak akan menyalahkan Anda jika Anda merasa sedikit lelah, tetapi pemasaran advokasi sangat penting untuk diperhatikan.

Mengapa? Yah, ini adalah suplemen yang bagus untuk iklan berbayar, yang tidak berkinerja sebaik dulu. Tahun lalu, merek mengalami penurunan jangkauan di Facebook dan Instagram , dua platform keterlibatan pelanggan online terbesar. Jangkauan yang lebih rendah berarti lebih sedikit tayangan dan keterlibatan, yang secara langsung memengaruhi keuntungan Anda. Jika tren ini berlanjut dan iklan berbayar menjadi kurang efektif secara signifikan, pendukung dapat mengambil beberapa (atau bahkan sebagian besar) dari kelonggaran untuk Anda.

Sementara itu, para Get membawa elemen kepercayaan pihak ketiga yang dijelaskan di atas. Mereka tidak dibayar untuk mengiklankan merek Anda, jadi pemirsa luar melihat antusiasme mereka terhadap produk Anda sebagai sesuatu yang jujur ​​dan layak dipertimbangkan.

Ini tidak berarti bahwa iklan berbayar tidak efektif saat ini : Iklan mendatangkan pelanggan baru tiga kali lebih banyak daripada yang sudah ada, dan pendapatan iklan sosial berbayar terus meningkat . Plus, pemasaran influencer terbukti menjadi investasi yang cukup bagus. Tetapi ketika jangkauan sosial turun dan biaya iklan digital meningkat bahkan dalam jumlah kecil, merek harus fokus pada pemasaran advokasi untuk menyebarkan bisnis mereka.

Karyawan sebagai Get?

Ya, Anda dapat menggunakan antusiasme karyawan Anda sebagai bagian dari kampanye pemasaran advokasi Anda. Kuncinya di sini adalah membuat komentar mereka tampak organik daripada dipaksakan.

UGC sangat bagus untuk ini; minta karyawan Anda berbagi foto dan video di balik layar tentang diri mereka sendiri dan perusahaan. Pastikan salinannya kasual, bukan promosi, jika tidak maka akan terbaca sebagai iklan, bukan sebagai advokasi karyawan yang alami.

Anda juga dapat membuat komunitas untuk advokasi karyawan Anda, sesuatu yang saya singgung sebelumnya. American Express memiliki Forum OPEN -nya , yang awalnya dimulai sebagai komunitas jaringan bagi para pengusaha.

Ini akhirnya berkembang menjadi konten dan sumber saran, tetapi aspek komunitas masih menjadi fokus utama. Sementara itu, Wiley memiliki WileyPLUS Studio , sebuah platform Get khusus undangan tempat pengguna top dapat berbagi wawasan, strategi, dan banyak lagi.

Tentu saja, meluncurkan forum komunitas Anda sendiri membutuhkan banyak waktu dan uang, belum lagi seorang programmer web ahli. Anda mungkin ingin memulai lebih kecil dan membangun pendukung Anda di media sosial terlebih dahulu.

Kemudian, setelah Anda mendapatkan komunitas besar yang mendukung, buat sumber konten online eksklusif khusus untuk mereka. Berfokuslah untuk membina pelanggan lain hingga mereka secara aktif ingin bergabung dengan komunitas ini, dan Anda memiliki resep untuk ROI pemasaran advokasi yang hebat.

Menulis konten untuk pemasaran advokasi

Secara teknis, Anda ingin semua konten Anda mengubah orang menjadi pendukung. Namun, jika Anda berencana untuk mendedikasikan fokus pada konsep ini, ingatlah kedua ide ini:

Personalisasi membuat pelanggan melihat bisnis Anda dengan lebih baik. Sebutkan nama orang, setidaknya.

Konten yang dapat dibagikan lebih mudah dipromosikan oleh pendukung, jadi pastikan Anda memiliki ikon sosial dan plugin tersebut.

Menargetkan Get Anda secara khusus, sekali lagi, membuat mereka menyukai merek Anda dan lebih mungkin untuk mempromosikannya. Namun, jika Anda ingin sedikit jaminan atas usaha Anda, maka tidak ada salahnya mengadakan kontes kecil.

Merek menawarkan hadiah setiap saat di Instagram, dan Anda dapat melakukan hal serupa di get. Mungkin Anda dapat menawarkan uji coba gratis dari layanan yang berbeda dengan imbalan konten buatan pengguna yang menjelaskan mengapa pelanggan menyukai bisnis Anda.

Selain itu, terkadang paling efektif untuk berbicara langsung dengan mereka. Kirim email yang menanyakan konten mana yang Anda buat yang paling sesuai dengan mereka, dan lihat apa yang ingin mereka baca dari Anda di masa mendatang. Get Anda kemungkinan besar akan memanfaatkan kesempatan untuk berkontribusi.

Kemungkinan mereka bukan satu-satunya pelanggan Anda yang memiliki pendapat seperti itu tentang apa yang Anda produksi, dan membuat potongan-potongan konten ini dapat mengubah lebih banyak pelanggan biasa menjadi pendukung.

Mendapatkan pendukung pelanggan lebih dari sekadar pemasaran. Konten Anda dapat membantu, tetapi tindakan perusahaan Andalah yang mendorong orang untuk melakukan advokasi atas nama Anda.

Pastikan Anda memiliki produk yang luar biasa dan layanan perusahaan yang luar biasa, kemudian bicarakan tentang kelebihan Anda dan buat pelanggan terlibat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *