Site Overlay

Tips Cara Belajar Konveksi Baju Bagi Pemula

Anda pasti sering mendengar usaha konveksi baju. Apa sih yang Anda pikirkan saat mendengar kalimat konveksi baju? Sebelum mencari tahu cara belajar konveksi baju, Anda harus lebih dulu mengetahui apa itu konveksi baju.

Konveksi baju merupakan suatu usaha produksi pakaian yang dibuat secara massal. Lebih spesifiknya yaitu industri kecil skala rumah tangga yang sebagai tempat pembuatan pakaian seperti kemeja, kaos polo shirt, jaket, celana dan lain sebagainya.

Konveksi adalah bisnis dalam bidang pakaian yang biasanya memproduksi pakaian dalam partai besar sesuai permintaan konsumennya. Di Indonesia usaha konveksi sangat diminati. Hal ini karena tingginya permintaan pasar namun kompetitornya masih rendah.

Memulai konveksi baju rumahan tidak harus membangun sebuah pabrik garmen, Anda bisa membuatnya dengan skala rumahan. Sehingga usaha ini bisa sebagai usaha sampingan.

Konveksi baju bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu banyak. Makanya, usaha ini cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba cara belajar konveksi baju. Jika ditekuni, tidak menutup kemungkinan konveksi baju skala rumahan yang Anda jalani menjadi lebih besar.

Jika Anda memiliki keinginan untuk belajar konveksi baju, Anda bisa mencoba tips-tips berikut ini.

1. Melakukan Analisa Usaha Sebelum Memulai Konveksi Baju

Tahap awal sebelum memulai belajar konveksi, yaitu melakukan analisa mengenai hal tersebut. Karena dalam memulia segala hal, persiapan yang matang sangat diperlukan.

Hal tersebut penting untuk dilakukan agar Anda tahu apa saja yang perlu dipersiapkan. Selain itu Anda juga akan mengerti untuk menjalankannya sesuai timeline yang telah Anda tentukan.

Adapun persiapan tersebut meliputi, persediaan modal, analisa peluang, potensi pasar dan hambatan-hambatan apa saja kedepannya yang bisa saja terjadi.

2. Melakukan Persiapan Sarana dan Prasarana

Tentu untuk memulai konveksi baju, Anda memerlukan sarana dan prasarana yang mendukung. Sarana yaitu segala peralatan penunjang. Sedangkan prasarana, termasuk lokasi untuk memulai usaha konveksi baju.

Dalam memulai konveksi baju, Anda butuh peralatan, seperti mesin jahit, overdeck, obras, rantai, meja steam. mesin potong, meja potong dan peralatan menjahit seperti benang, meteran, gunting dan lainnya. Peralatan tersebut, cukup untuk memulai konveksi baju skala kecil.

3. Mencari Supplier Kain yang Murah

Dalam memulai cara belajar konveksi baju, Anda membutuhkan kain sebagai bahan utama. Nah, Anda perlu mencari relasi usaha dengan penyedia kain dan benang yang menawarkan harga terjangkau dan kualitas terjamin.

Sebaiknya, jangan sembarangan memilih supplier, sebab hal tersebut akan menentukan kualitas baju yang Anda buat nantinya. Pilih supplier yang telah mempunyai pasaran baik dan juga murah. Karena sebagai pemula, Anda harus menghemat budget yang harus dikeluarkan untuk penyedia bahan baku.

4. Strategi Pemasaran atau Promosi

Cara belajar konveksi baju selanjutnya, yaitu Anda harus mengetahui strategi pemasaran. Setelah semua persiapan telah terpenuhi, Anda bisa mulai menyusun strategi pemasarannya.

Tahapan ini tidak mudah untuk dilakukan oleh pemula. Sebab, Anda harus berusaha mendapatkan kepercayaan konsumen pertama Anda. Tahapan belajar konveksi  untukrumahan ini bisa Anda lakukan dengan membuat iklan.

Pengiklanan dapat Anda lakukan di media sosial, koran atau majalah dan cara promosi lainnya. Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk mendapatkan konsumen pertama Anda. Anda bisa menggunakan strategi diskon untuk tujuh hari pertama pembukaan usaha Anda. Cara ini ampuh untuk menarik minat konsumen. Selain itu, Anda juga harus memilih lokasi sekitaran orang-orang yang membutuhkan grosir baju konveksi.

 Lokasi pemasaran yang bisa Anda pilih, seperti lingkungan sekolah, kampus, pekerja dan tempat ramai lainnya. Anda bisa memanfaatkan brosur untuk memudahkan orang-orang dalam menghubungi Anda.

Nah, setelah Anda mengetahui tips cara belajar konveksi baju di atas. Anda juga harus mengetahui proses produksi konveksi baju rumahan.

5. Belajar Tahapan-Tahapan Produksi Konveksi Baju

Cara belajar konveksi baju selanjutnya yaitu tentang proses produksi konveksi. Anda harus mengetahui tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan agar proses produksi berjalan dengan lancar.

Melakukan Perencanaan Pola

Sebelum memulai membuat baju, Anda harus menentukan rancangan dari baju yang akan dibuat. Biasanya proses ini dilakukan menggunakan program komputer, seperti Corel Draw, AdobePotoshop, AdobeIlustrator dan program lainnya.

 Proses Pemotongan Kain

Setelah selesai menentukan rancangan pakaian, selanjutnya melakukan pemotongan kain sesuai dengan perencanaan. Pemotongan kain tersebut misalnya, pemotongan untuk dasar pakaian, saku dan atribut yang dibutuhkan lainnya.

 Proses Aplikasi

Cara belajar konveksi baju selanjutnya, yaitu melakukan penerapan dari setting aplikasi yang sudah dilakukan ke dalam baju. Anda harus menggunakan mesin yang sesuai dengan aplikasi yang digunakan.

 Melakukan Proses Jahit

Setelah selesai melakukan penerapan aplikasi, lakukan proses jahit. Jahit baju sesuai pola yang telah Anda buat sebelumnya.

Dalam memulai konveksi baju Anda harus bisa menjahit sesuai pola dan rapi. Karena kualitas jahitan yang membuat konsumen memilih konveksi baju Anda.

 Melakukan QualityControl

Setelah proses menjahit selesai, selanjutnya Anda harus melakukan proses qualitycontrol. Proses ini sangat penting dilakukan, agar hasil produksi baju sesuai keinginan konsumen.

Jika hasil proses quality control tidak sesuai keinginan konsumen, maka Anda harus mengulang langkah-langkah dalam poin tersebut di atas. Hal tersebut demi kepuasan pelanggan.

 Melakulan Steam dan Packing

Setelah hasil sesuai dengan yang diharapkan konsumen, selanjutnya melakukan proses steam untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Proses ini dilakukan untuk menyempurnakan proses produksi konveksi baju.

Proses akhir, yaitu melakukan packing. Anda bisa menggunakan bahan untuk packing, seperti plastik baju ataupun bahan yang sesuai dengan image yang ingin di tunjukan usaha konveksi baju Anda. Sebisa mungkin, lakukan packing secara rapi dan menggambarkan usaha konveksi baju Anda.

Demikianlah tips cara belajar konveksi baju bagi pemula. Anda bisa mencoba usaha rumahan ini, karena modalnya tidak begitu besar dan bisa dilakukan di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *