Tips Keselamatan Kerja Saat Berada di Kapal

tips keselamatan berlayar

Bila berbicara mengenai pekerjaan, keselamatan merupakan salah satu hal penting yang tidak bisa diremehkan. Istilah keselamatan kerja digunakan sebagai upaya menjaga keselamatan ketika sedang melakukan suatu pekerjaan.

Keselamatan kerja tentunya dapat dilakukan dalam pekerjaan apa saja dan dimana saja. Mulai dari pekerjaan sederhana hingga pekerjaan yang berat memiliki tips untuk keselamatan kerjanya masing-masing. Tips keselamatan kerja juga dapat diaplikasikan di berbagai lokasi, mulai dari lokasi pribadi hingga lokasi yang terbuka untuk umum. Tidak terkecuali di atas kapal.

Bagi para pekerja yang mencari nafkah di atas kapal, tentu menjaga keselamatan saat bekerja menjadi hal yang sangat diperhatikan. Jika gagal dalam menjaga keselamatan, maka tidak hanya diri sendiri yang dirugikan tetapi juga bisa melibatkan orang lain. Pekerjaan di atas kapal umumnya merupakan pekerjaan yang tergolong menengah hingga pekerjaan berat. Karena itu, sistem keselamatan kerja di kapal juga harus diatur dan ditaati dengan baik. Dengan demikian, pekerjaan dapat dijalankan dengan lancar dan kemungkinan terjadinya bahaya dapat diminimalisir dengan baik. Langkah paling baik dalam keselamatan kerja di kapal adalah dengan memastikan seluruh awak kapal menggunakan alat pelindung diri.

Faktor keselamatan sangat vital, maka keselamatan kerja menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan sangat serius.

Keselamatan kerja sangat didukung dengan berbagai jenis peralatan kapal dan perlengkapan kapal pendukung. Tujuan dari membeli semua alat keselamatan ini dari distributor alat kapal terpercaya adalah untuk menjaga keselamatan dari si pemakai dan orang di sekitarnya.

Pada artikel kali ini, akan diulas berbagai tips keselamatan kerja. Tips akan diberikan beserta peralatan kapal dan fungsinya yang harus diperhatikan di atas kapal. Selamat membaca!

Menggunakan Perlengkapan Keselamatan Kerja

Poin pertama sebagai tips keselamatan kerja saat berada di atas kapal adalah menggunakan perlengkapan keselamatan kerja. Hal ini merupakan cara paling ampuh dalam rangka menjaga keselamatan tiap pekerja di atas kapal. Setiap perusahaan yang terlibat di aktivitas pelayaran harus memastikan tiap pekerjanya taat pada protokol keamanan yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk menjaga setiap keselamatan dari para pekerja tersebut dan mencegah terjadinya bahaya di atas kapal.

Ada beberapa peralatan keselamatan kerja yang umum digunakan oleh para pekerja di atas kapal, salah satunya adalah baju pelindung. Baju pelindung memiliki fungsi utama untuk melindungi keseluruhan badan dari para pekerja dari percikan api, air, dan bahan berbahaya lainnya. Ada juga alat yang dinamakan safety helm. Pelindung kepala ini bertujuan untuk melindungi kepala para awak kapal dari benturan yang bersifat membahayakan. Pelindung kepala ini terbuat dari plastic yang sangat kuat dan keras. Safety helm ini juga dilengkapi dengan tali karet yang dapat ditarik hingga ke dagu untuk menjaga posisinya.

Selain itu terdapat pula sepatu khusus untuk pekerja kapal laut. Sepatu khusus ini digunakan untuk melindungi kaki para pekerja. Sehingga kaki mereka dapat terlindungi dari lantai kapal yang panas, ataupun bahan berbahaya serta minyak yang tumpah di kapal.

Tidak ketinggalan juga disiapkan berbagai macam sarung tangan dan masker bagi para pekerja. Sarung tangan disediakan untuk melindungi tangan para pekerja dalam aktivitasnya di atas kapal. Mata mereka dapat terhindar dari percikan api, cipratan cairan berbahaya, dan hal berbahaya lainnya. Terutama bagi kapal perikanan, anda harus waspada dan mempersiapkan alat seperti perlengkapan navigasi.

Ada pula peralatan keselamatan kerja yang disebut dengan istilah plug. Alat ini umumnya digunakan oleh para pekerja di kapal untuk menghindari terjadinya kerusakan pada telinga mereka.. Dengan adanya plug, maka suara yang mengganggu pun dapat diredam.  Sehingga para pekerja di atas kapal dapat menjalankan tugasnya dan juga menjaga keselamatan telinga mereka.

Mengetahui Penyebab Kecelakaan

Dalam upaya meningkatkan keselamatan kerja di atas kapal, tentu hal ini dilakukan dengan cara menghindari terjadinya kecelakaan semaksimal mungkin. Dengan meminimalisir kecelakaan, kita juga sekaligus meningkatkan sistem keselamatan kerja bagi para awak di atas kapal. Bila ingin meminimalisir kecelakaan yang terjadi di atas kapal, alangkah baiknya dimulai dengan menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. Maka kecelakaan tersebut dapat segera dihindari dengan baik.

Penyebab kecelakaan yang paling umum terjadi adalah karena aspek kelalaian serta kekeliruan manusia yang mengoperasikan segala sistem di kapal. Ketika kesalahan seperti ini terjadi, bukan hanya akan menimbulkan bahaya bagi kapal dan seisinya. Namun juga dapat merugikan perusahaan dari segi pendapatan dan pemasukan yang berkurang serta pengeluaran biaya perbaikian kapal. Bahaya di bidang lainnya tentu saja dapat mengancam nyawa diri sendiri dan orang lain.

Ada pula tipe pekerja yang mengacaukan sistem yang telah diatur sedemikian rupa karena ketidakpahamannya akan suatu hal. Ketika tidak paham akan kegiatan yang dilakukan, maka besar kemungkinan akan terjadi bahaya. Lebih baik meminta bantuan pada pekerja yang lebih mengerti tentang pengoperasian sesuatu daripada melakukannya sendiri denga asal-asalan.

Mencegah Terjadinya Kecelakaan

Setelah mengetahui penyebab kecelakaan secara umum, maka akan lebih mudah untuk menentukan langkah dalam upaya mencegah terjadinya kecelakaan. Upaya ini dapat didukung dengan memperhatikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan pada tiap instrumen di atas kapal. Pengecekan ini dapat berupa tes kelayakan dan kualitas dari mesin-mesin atau benda lain di atas kapal. Diharapkan menggunakan peralatan kapal yang sudah lulus uji kelayakan dan keselamatan kerja. Selain itu, rutin melakukan peninjauan juga merupakan salah satu langkah tepat dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Langkah selanjutnya dapat diterapkan bagi para pekerja di atas kapal. Para pekerja tersebut harus ditempatkan di posisi sesuai keahlian dan kualifikasi masing-masing. Rutin melakukan tes kemampuan juga merupakan salah satu upaya tepat dalam mencegah terjadinya kecelakaan. Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara melatih para pekerja agar dapat melakukan tugasnya dengan baik dan tidak ceroboh. Selain itu, perlu diadakannya tes kesehatan sebagai persyaratan dalam melakukan pekerjaan di atas kapal yang membutuhkan stamina ekstra.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dibagikan mengenai keselamatan kerja pada artikel ini. Jangan lupa melakukan tips kami dan juga pemeliharaan kapal. Semoga semua informasinya dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *