First Media Wireless Router : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Router, dan Perbedaan

Wireless Router (www.nbcnews.com)

Mungkin sebagian besar orang belum familiar dengan penyebutan Router. Biasanya Router digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama maupun jaringn berbeda. Minimal dalam satu Router mempunyai dua jaringan. Pemasangan wireless router bukan hal mudah karena memerlukan tenaga ahlinya. Salah satu penyedia wireles router terbaik adalah First Media.

Apa itu Wireless Router?

Router cartoon set icon. illustration modem on white background ...
Internet Connection Illustration (www.freepik.com)

Wireless router adalah suatu perangkat elektronik nirkabel yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi data dari suatu jaringan kepada jaringan lainnya. Proses penyampaian informasi tersebut dikenal dengan routing. Proses tersebut terjadi pada Internet Protocol (IP).

Inilah yang menyebabkan wireless router mampu menghubungkan lebih dari satu jaringan dalam waktu bersamaan. Penggunaan wireless router paling banyak di Indonesia, terutama dipercaya sebagai penghubung beberapa jaringan berbeda dalam satu tempat.

Fungsi Wireless Router

how to secure your wifi connection at home
Sambungan Wireless Router (www.letsbemates.com.au)

Fungsi utama dari wireless router sebagai alat penghubungkan antar jaringan dengan lainnya yang sebelumnya tidak berhubungan. Disamping itu, fungsi lainnya sebagai wireless access point sehingga memungkinkan pembagian data atau jaringan internet ke beberapa user tambahan.

Dapat juga melakukan pengaturan bandwidth management untuk user yang berada dibelakang  wireless tersebut. Dari fungsi-fungsi ini tidak mengherankan apabila wireless router lebih sering digunakan untuk jaringan warnet dan komunitas.

Apabila penggunaan wireless dalam sebuah rumah dengan banyak penghuni dan semuanya menggunakan jaringan internet. Maka gunakan wireless router agar seiring akses internet bertambah kecepatan akses tidak mengalami gangguan. Pemasangan wireless router ini juga memungkinkan setiap user dapat melakukan komunikasi melalui jaringan akses.

Banyak orangtua lebih percaya menggunakan wireless router di rumah, apalagi yang memiliki anak berusia kecil dan remaja. Pasalnya, fungsi wireless router dapat menyaring atau melakukan filter situs-situs dan aplikasi yang tidak relevan. Contohnya menyaring situs-situs dewasa agar tidak dapat dibuka ketika jaringan gadget terhubung dengan router.

Jenis – Jenis Router

Variables to Keep in Mind When Choosing an Internet Connection ...
Internet Connection to All Gadgets (hotnet-web.com)

1. Router Aplikasi

Router jenis aplikasi merupakan sebuah aplikasi yang dapat instal sendiri pada sistem operasi komputer. Supaya sistem pengoperasian computer bekerja seperti router. Misalnya router aplikasi yang dapat diinstal WinProxy  Winroute, WinGate, SpyGat, dan lain-lain.

2. Router Hardware

Router hardware merupakan suatu perangkat keras atau hardware dilengkapi kemampuan seperti router. Melalui penggunaan hardware router ini perangkat komputer dapat membagikan IP Address.

Jenis hardware router sering kali ditemukan untuk membagikan jaringan internet dalam satu wilayah yang sama. Contohnya router hardware yakni access point, dimana menyajikan Hot Spot Area dan para user yang menggunakannya akan mendapatkan IP Address

3. Router PC

Router PC merupakan suatu pc yang penggunaannya dijadikan sebagai router. Pada dasarnya setiap PC dapat dibuatkan router sendiri tanpa perlu menambahkan dedicated router buatan dari pabrik. Tetapi tidak semua orang mampu membuat Router PC karena membutuhkan keahlian bahasa pemrograman.

Ada berbagai keunggulan dari penggunaan router PC yakni konfigurasi lebih mudah dan biaya yang habis lebih sedikit. Tetapi router PC memuat jaringan kurang stabil ketika dihubungkan dengan banyak user karena koneksi jaringan yang terbatas. Apabila membeli router PC dari pabrik, seperti Cisco router membutuhkan biaya yang mahal.

Wireless Access Point vs Wireless Router

Wireless access point seringkali dibedakan dengan wireless router. Tetapi fungsi utama dari perangkat jaringan tersebut sama yakni menjadi pintu jaringan bagi para user agar dapat memasuki jaringan lokal.

Adapun perbedaan paling signifikan adalah wireless router dilengkapi dengan kemampuan routing dan Network Address Translation (NAT). Sehingga, wireless router mampu menerjemahkan lebih dari satu IP address private maupun IP lokal dari komputer yang terletak dibelakang Router. Wireless router juga mampu  melakukan modem dialer.

Sementara wireless access point tidak memiliki kemampuan routing ataupun Network Address Translation (NAT) karena terhubung dengan modem. Tetapi, masalah konektivitas beberapa jaringan komputer dengan wireless access point dapat dilakukan secara manual. Dimana mengubah set-up wireless access point langsung dari modem.

Dalam hal mendistribusikan alamat IP, wireless router berfungsi sebagai DHCP Server. Berbeda dengan perangkat access point yang dibekali dengan kemampuan mendistribusikan alamat IP kepada wireless user secara otomatis.

Pada wireless access point tidak dilengkapi fitur bandwidth management,sedangkan wireless rrouter dapat melakukan bandwidth management secara optimal.

Ditinjau dari segi penggunanya wireless router lebih disukai sekolah dan orangtua karena dapat mengatur situs website yang tidak boleh di akses. Terbalik dengan pengguna wireless access point yang bebas mengakses apa saja tanpa ada pengaturan melakukan pembatasan akses.

First Media Dapat Memperluas Wireless Router

Internet Rumah Tercepat Unlimited & TV Kabel HD Terbaik
www.firstmedia.com

Ternyata First Media yang merupakan salah satu provider broadband internet terbaik di Indonesia dapat memperluas jangkauan wireless router. Cukup memesan layanan Wifi Extender dari First Media maka access point pada wireless router di rumah, kantor, sekolah, dan tempat umum dapat diperluas jangkauannya.

Hasilnya sambungan internetnya benar-benar berkualitas karena user yang jaraknya jauh dapat terhubung dan dapat mengakses internet dengan cepat. Wifi Extender juga bekerja optimal untuk menghubungkan user dengan jaringan internet dalam bangunan bertingkat. Meskipun terpisah antar lantai atas dan bawah masih  memungkinkan pengguna jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *